Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kepala BNBP Minta Peneliti Temukan Alat yang Aman untuk Membuka Lahan

Kebiasaan membuka lahan dengan membakar hutan dan ladang sendiri sudah cukup merugikan banyak pihak

Kepala BNBP Minta Peneliti Temukan Alat yang Aman untuk Membuka Lahan
Tribunnews.com/Lita Febri
Konferensi pers mengenai kebakaran hutan yang terjadi di beberapa daerah pada Sabtu (14/9/2019) di Graha BNPB, Jakarta Timur 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta para peneliti yang ada dapat melakukan dan menemukan alat untuk membuka lahan dengan aman.

"Saya sampaikan permohonan kepada para peneliti, silahkan carikan solusi alat-alat yang ramah lingkungan yang bisa dengan murah untuk buka kebon, buka lahan tanpa bakar," tutur Doni Monardo saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabtu (14/9/2019).

Baca: BNPB Sebut Ada Oknum Pejabat Daerah Tak Peduli Kebakaran Lahan

Kebiasaan membuka lahan dengan membakar hutan dan ladang sendiri sudah cukup merugikan banyak pihak.

Oleh karenanya, Doni Monardo mengharapkan segera ditemukan alat yang aman untuk membuka hutan maupun lahan.

Berdasarkan data yang diungkap BNPB, 99 persen penyebab Karhutla adalah manusia, sementara 80 persen lahan bekas terbakar ini jadi kebun.

Baca: Kepala BNPB Doni Monardo Ikut Padamkan Kebakaran Lahan Gambut di Riau

Kepala BNPB juga berharap semua masyarakat tak hanya Pemerintah Pusat peduli akan masalah Karhutla yang muncul.

"Saya juga berharap para pejabat daerah, para bupati dan juga wali kota serta camat dan lurah untuk lebih peduli kepada masyarakatnya," katanya.

Mengaku masih kesulitan

Warga yang menggunakan kostum pahlawan super spiderman bersama personil dari BPBD Provinsi Riau dan TNI AD Kodim Kampar 0313 berusaha memadamkan kebakaran lahan di kawasan Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Kamis (12/9/2019). Aksi yang dilakukan oleh warga bernama Yandri tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap para anggota tim penanganan kebakaran hutan dan lahan yang telah berjibaku dilapangan selama kabut asap menerpa sejumlah wilayah di Provinsi Riau. Aksi itu juga merupakan pesan agar seluruh elemen masyarakat dapat ikut serta menjaga lingkungannya agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY
Warga yang menggunakan kostum pahlawan super spiderman bersama personil dari BPBD Provinsi Riau dan TNI AD Kodim Kampar 0313 berusaha memadamkan kebakaran lahan di kawasan Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Kamis (12/9/2019). Aksi yang dilakukan oleh warga bernama Yandri tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap para anggota tim penanganan kebakaran hutan dan lahan yang telah berjibaku dilapangan selama kabut asap menerpa sejumlah wilayah di Provinsi Riau. Aksi itu juga merupakan pesan agar seluruh elemen masyarakat dapat ikut serta menjaga lingkungannya agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY)

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengatakan wilayah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hingga saat ini mencapai seluas 328.724 hektar di seluruh Indonesia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Lita febriani
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas