Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat Nilai Bamsoet Calon Ketua MPR Terkuat, Ini Alasannya

Pengamat politik, Karyono Wibowo, menilai kader Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) merupakan calon terkuat Ketua MPR periode 2019-2024.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pengamat Nilai Bamsoet Calon Ketua MPR Terkuat, Ini Alasannya
Tribunnews.com/Fransiskus
Bamsoet 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik, Karyono Wibowo, menilai kader Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) merupakan calon terkuat Ketua MPR periode 2019-2024.

Karyono mengatakan ada kecenderungan kuat mayoritas partai koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin lebih bisa menerima Bamsoet dibandingkan Ahmad Muzani.

"Pertimbangan pertama, Bamsoet berasal dari Partai Golkar yang notabene adalah sesama partai koalisi. Alasan kedua adalah Golkar merupakan pemenang kedua dalam pemilu legislatif berdasarkan perolehan kursi di DPR, meskipun tidak ada aturan yang menyatakan pemenang kedua otomatis menjadi ketua MPR," ujar Karyono, ketika dihubungi, Kamis (3/10/2019).

Kemudian alasan ketiga diperlukan pengendalian politik yang menjamin stabilitas pemerintahan. Sementara pertimbangan keempat adalah mengawal agenda strategis antara lain melanjutkan sosialisasi empat Pilar MPR dan Haluan Negara.

"Atas pertimbangan tersebut maka sosok Bamsoet tentu dinilai lebih cocok dibanding Muzani," kata dia.

Di sisi lain, ia menyebut apabila mekanisme pemilihan ketua MPR melalui musyawarah antar fraksi dan kelompok DPD tidak mencapai mufakat, maka mekanisme pemilihan ketua MPR harus melalui pemungutan suara oleh anggota MPR.

BERITA REKOMENDASI

Menurutnya, kedua mekanisme pemilihan tersebut, baik musyawarah mufakat maupun pemungutan suara tentu memiliki tantangan masing-masing.

"Tetapi kata kuncinya terletak pada kemampuan lobi. Nah, soal lobi dan komunikasi, Bamsoet memiliki kemampuan yang sudah teruji, sehingga akan memuluskan jalan untuk menjadi ketua MPR RI Periode 2019-2024," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas