Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Atasi Masalah Penyakit Tidak Menular Jadi Fokus Program Komunitas Sehat

Program nasional diluncurkan untuk untuk menggalang dukungan dalam mengurangi penyebaran penyakit tidak menular

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Atasi Masalah Penyakit Tidak Menular Jadi Fokus Program Komunitas Sehat
ist
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla saat peluncuran program Komunitas Sehat di Jakarta, Selasa (8/10/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan peluncuran program Komunitas Sehat yang diselenggarakan di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat.

Peluncuran program ini dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla. 

Dalam setahun ke depan, program Komunitas Sehat yang juga memperoleh dukungan swasta seperti HerbalifeNutrition Indonesia  ditujukan untuk berkontribusi mengatasi permasalahan PTM di Indonesia.

Salah satunya mengembangkan pusat penelitian di berbagai kampus di Indonesia dengan menyediakan fasilitas diantaranya melatih dan mengedukasi karyawan untuk menjalankan program harian, mengembangkan sistem dan aplikasi untuk melakukan pendataan dan analisa data.

Mereka juga melakukan pemeriksaan kesehatan dasar, mengedukasi 3.000 partisipan di komunitas untuk pencegahan TPM dan mempromosikan gaya hidup sehat.

Baca: BFI Run Kembali Hadir: 5K,10K dan Half Marathon Gelorakan Budaya Hidup Sehat,

TNP2K dibentuk sebagai wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan di tingkat pusat yang diketuai Wakil Presiden Republik Indonesia, dengan tujuan untuk menyelaraskan berbagai kegiatan percepatan penanggulangan kemiskinan.

Bersama Kementerian Kesehatan, TNP2K menginisiasi  Program Mampu melalui kerjasama dengan pihak swasta guna menjalankan kampanye untuk mengurangi penyebaran penyakit tidak menular (Pos Binaan Terpadu/POSBINDU PTM). HerbalifeNutrition Indonesia mensponsori pilot program yang diluncurkan mulai 2017 dengan donasi mencapai US$ 50.000.

BERITA TERKAIT

Senior Director& General Manager HerbalifeNutrition Indonesia,  Andam Dewi mengatakan pihaknya sangat senang program Komunitas Sehat diluncurkan secara nasional karena  mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

Baca: BPJS Kesehatan Jamin Pengobatan Gangguan Kesehatan Mental

"Kami juga senang dapat berkontribusi sesuai kemampuan kami dalam program ini sebagai katalis perubahan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat ke arah lebih positif," katanya.

Keterlibatan swasta di berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh pemerintah sangat penting, mengingat swasta dapat memberikan kontribusinya dan memberikan dampak sosial demi masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera.

HerbalifeNutrition Indonesia bekerjasama dengan TNP2K sejak 2017 sebagai sponsor program Indonesia Mampu (pencegahan diabetes dan hipertensi) dengan tujuan mendorong perubahan positif di dengan harapan masyarakat mendapat dampak positif dari kehadiran program tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas