Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kabinet Jokowi

Pengamat Bandingkan Ekspresi Jokowi Saat Bersama Prabowo, Beda Saat Bertemu SBY

Menurut dia, ini menunjukkan sinyal kuat mengenai peta kabinet kerja pada pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan.

Pengamat Bandingkan Ekspresi Jokowi Saat Bersama Prabowo, Beda Saat Bertemu SBY
DOKUMENTASI WARTAWAN ISTANA KEPRESIDENAN
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto selfie dengan wartawan seusai keduanya bertemu di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/9/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat Politik dari Universitas Gajah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad menilai perbedaan ekspresi yang ditunjukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu dengan dua ketua umum di Istana Negara.

Menurut dia, ini menunjukkan sinyal kuat mengenai peta kabinet kerja pada pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan.

Pertemuan dua ketua umum parpol yang dimaksudkan ialah pertemuan antara Jokowi dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dalam dua hari terakhir.

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai mengadakan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Pertemuan tersebut membahas berbagai isu di Indonesia diantaranya pemindahan ibu kota, isu ekonomi hingga pertahanan negara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai mengadakan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Pertemuan tersebut membahas berbagai isu di Indonesia diantaranya pemindahan ibu kota, isu ekonomi hingga pertahanan negara. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca: Foto-foto Kehangatan Pertemuan Jokowi & Prabowo hingga Selfie Bersama, Kompak Akui Hubungannya Mesra

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10/2019).
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10/2019). (Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com)

Menurut Nyarwi, ekspresi yang ditunjukkan oleh Jokowi saat bertemu dengan Prabowo dinilai lebih cair ketimbang dengan SBY.

Baginya, ekspresi tersebut bisa menjadi salah satu simbol mengenai teka-teki masuk tidaknya Demokrat dan Gerindra dalam kabinet kerja Jokowi pada periode 2019-2024.

"Saya lihat cara Jokowi setelah bertemu usai ketemu SBY, ketika ditanya gimana? itu tanyakan ke SBY. Sementara dengan pak Prabowo tidak. Lebih cair," kata Nyarwi dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

Peristiwa itu, kata dia, bisa jadi indikasi daya tarik partai Gerindra kemungkinan masuk kabinet jauh lebih besar dibanding partai Demokrat.

"Artinya Gerindra dibutuhkan memperkuat koalisi pemerintahan Jokowi mendatang. Sementara, Saya melihat daya tarik partai Demokrat masih belum terlalu kuat," ungkapnya.

Baca: Beda Suasana Perjumpaan Jokowi-Prabowo yang Penuh Canda Tawa, Temu dengan SBY Berbanding Terbalik

Kendati begitu, Nyarwi tidak menampik bahwa ekspresi politik yang ditunjukan tak sepenuhnya bisa menjadi rujukan. Karena, hal itu dipengaruhi gaya politik masing-masing tokoh politik.

"Mungkin style (gaya) pak SBY mungkin begitu kalem dan tahan diri. Pak prabowo ekspresif dan antusias," pungkasnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...

Berita Terkait :#Kabinet Jokowi

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas