Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Resmi Jabat Menkes, Terawan Beberkan Dua Tugas Utama yang Diperintahkan Jokowi

Terawan resmi melakukan serah terima jabatan (sertijab) dengan Nila Moeloek sebagai menteri kesehatan di Kantor Kementerian Kesehatan

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Resmi Jabat Menkes, Terawan Beberkan Dua Tugas Utama yang Diperintahkan Jokowi
Tribunnews.com/ Theresia Felisiani
Menteri Kesehatan dokter Terawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dr Terawan Agus Putranto resmi melakukan serah terima jabatan (sertijab) dengan Nila Moeloek sebagai menteri kesehatan di Kantor Kementerian Kesehatan, Kamis (24/10/2019).

Dalam pidato perdananya, Terawan, yang juga seorang purnawirawan TNI tersebut, mengatakan, presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengamanatkan dua tugas utama yang harus diselesaikan dalam lima tahun ke depan.

"Saya menerima arahan bapak presiden sesaat sebelum dilantik beberapa isu kesehatan yang diamanatkan bapak presiden untuk diselesaikan," kata Terawan.

Baca: Puluhan jenazah di dalam truk kontainer di Inggris berkebangsaan China

Baca: Live Score Hasil Partizan vs Man United Liga Eropa, Tonton via SCTV dan Vidio Platinum Simak di Sini

Baca: Hasil French Open 2019: Jonatan Christie Lolos ke Perempat Final, Hafiz/Gloria Terhenti

Adapun, kata dia, dua isu utama tersebut ialah masalah stunting dan masalah carut-marutnya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Jadi saya mohon izin dulu kepada kepala BPJS karena ini menjadi arahan langsung dari bapak presiden dan bisa disampaikan dengan penuh sukacita," bebernya.

Dia menambahkan, masalah kesehatan lain yang juga harus diselesaikan adalah mahalnya biaya kesehatan hingga penggunaan alat kesehatam buatan dalam negeri di rumah sakit yang masih minimal.

BERITA TERKAIT

"Tapi saya senang banget sekali ternyata ibu menteri, sudah merintisnya dengan produksi bahan baku obat yang tadinya tadi tidak terpikirkan sekarang sudah ada 15 bahan baku obat (dalam negeri)," terangnya.

Dia mengajak seluruh pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) Kemenkes untuk bersama-sama mencari penyelesaian masalah tersebut.

"Hal yang telah disampaikan presiden tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk bisa diupayakan solusinya," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas