Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

BNPB Minta Masyarakat Waspadai Pergantian Musim

BNPB meminta masyarakat waspada terhadap potensi bahaya pada saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan.

BNPB Minta Masyarakat Waspadai Pergantian Musim
SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG
Pusaran angin puting beliung yang terjadi di laut Krueng Sabee, Aceh Jaya, Rabu (10/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat waspada terhadap potensi bahaya pada saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan.

Terlebih, Kepala Pusat Data, Infromasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, biasanya pergantian musim ditandai dengan fenomena angin puting beliung yang sifatnya merusak.

Baca: Suhardi Alius: Pasis Sespimti Bisa Jaga Masyarakat dari Pengaruh Paham Radikal Terorisme

Tidak hanya itu, Agus mengatakan bahaya lain yang memang perlu diwaspadai yaitu banjir dan tanah longsor karena bencana tersebut termasuk bencana mematikan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Kita perlu waspada terhadap potensi bahaya pada saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan," kata Agus dalam keterangannya pada Senin (28/10/2019).

Agus menjelaskan, pada akhir bulan Oktober tahun ini, beberapa daerah sudah memasuki penghujan, beberapa daerah mengalami musim pancaroba sedangkan beberapa daerah lain masih dalam kondisi musim kemarau.

Ia mengatakan, BMKG telah mengidentifikasi prakiraan curah hujan selama November 2019.

"Prakiraan BMKG, 20 persen wilayah pada bulan Oktober 2019 sudah memasuki musim penghujan, 47 persen wilayah pada bulan November 2019 mulai musim hujan, dan 23 persen wilayah akan memasuki musim penghujan pada bulan Desember 2019," kata Agus.

Beberapa wilayah dengan curah hujan tinggi hingga sangat tinggi dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan sebagian Sumatera Barat dan sebagian wilayah Papua.

Sedangkan untuk wilayah Sebagian Sumatera lainnya, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku terpantau curah hujan dengan kategori rendah hingga menengah selama November nanti.

Ia mengatakan, sebagian wilayah sudah mengalami musim hujan bahkan terjadi bencana banjir dan tanah longsor seperti di Aceh, Kalimantan Tengah, dan Jawa Barat.

Baca: Seorang Penumpang KRL Jadi Korban Pelecehan saat Pulang Kerja

Sedangkan beberapa wilayah yang mengalami pancaroba terjadi bencana puting beliung di beberapa wilayah, antara lain di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Pusat Pengendali Operasi BNPB mencatat beberapa kejadian tersebut di Jawa Barat, Aceh dan Kalimantan. Perubahan musim dapat ditandai dengan fenomena angin puting beliung yang bersifat merusak," kata Agus.

Ikuti kami di
Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas