Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Analis Politik: Pertemuan Elite NasDem dan PKS Tunjukkan Kedewasaan Politik

Analis Politik, Pangi Syarwi Chaniago menilai pertemuan Ketua Umum Partai NasDem dan Presiden PKS menunjukkan kedewasaan politik.

Analis Politik: Pertemuan Elite NasDem dan PKS Tunjukkan Kedewasaan Politik
Kolase Tribunnews.com
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) berpelukan dengan Presiden PKS Sohibul Iman (kanan) usai mengadakan pertemuan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi kebangsaan dan saling menjajaki untuk menyamakan pandangan tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Analis Politik, Pangi Syarwi Chaniago menilai pertemuan Ketua Umum Partai NasDem dan Presiden PKS menunjukkan kedewasaan politik.

Menurutnya, pertemuan elite politik semacam ini juga sangat dibutuhkan untuk meredakan ketegangan di tingkat akar rumput (grassroot) sebagai akibat residu politik dari kontestasi elektoral yang berlangsung sengit pasca Pemilu 2019.

"Kader dan simpatisan membutuhkan contoh langsung dari para elitnya bagaimana harus bersikap pasca kompetisi, di mana kedewasaan politik harus diaplikasikan dan persatuan harus diutamakan," ucap Pangi melalui keterangannya, Minggu (3/11/2019).

Baca: Tanggapi Manuver Nasdem, Ketum PAN Zulkifli Hasan: Itu Mungkin Sinyal-sinyal Pilkada dan Pilpres

Baca: Respons Jokowi Sikapi Pertemuan Paloh Dengan Elite PKS: Biasa Saja, Tak Perlu Dibawa ke Perasaan

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting ini mengatakan, elite politik tidak boleh lelah untuk terus mengedukasi masyarakat, bahwa kontestasi elektoral dalam pilpres ini bukan pertarungan hidup dan mati, keterbelahan publik dalam pilpres tidak boleh berlanjut mengganggu persatuan membangun bangsa bersama.

Baca: Anies Baswedan Dijadwalkan Buka Kongres Partai NasDem Pekan Ini

Baca: Politisi Nasdem Ungkap Candaan Presiden PKS ke Surya Paloh

Dalam perspektif ini, pertemuan elite politik justru menjadi hal yang lumrah dan wajar-wajar saja.

"Pertemuan elite politik antar partai jangan buru-buru dimaknai sebagai upaya membentuk poros kekuatan politik baru untuk kepentingan politik jangka pendek," ujar Pangi.

Pangi melihat dinamika politik pasca Orde Baru semakin mengokohkan argumentasi bahwa di tingkat elite politik cenderung lebih cair.

"NasDem dan PKS telah menunjukkan Kedewasaan berpolitik, sudah semestinya inisiatif Nasdem ini menjadi contoh virus positif untuk elite politik lainnya untuk tetap membangun silaturrahmi kebangsaan untuk menjamin keadaban berpolitik di negeri ini," ujarnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas