Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menteri Agama Khawatir Pakai Cadar jadi Ukuran Ketakwaan

"Kami ingin cadar tidak boleh berkembang dengan alasan taqwa. Khawatir cadar berkembang sebagai ukuran ketaqwaan umat," Menteri Agama menjelaskan.

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Menteri Agama Khawatir Pakai Cadar jadi Ukuran Ketakwaan
Tribunnews/JEPRIMA
Menteri Agama Fachrul Razi saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019). Rapat kerja tersebut membahas evaluasi program dan rencana program prioritas di Kementerian Agama tahun 2020. Tribunnews/Jeprima 

 Laporan Wartawan Magang Meliana
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Menteri Agama, Fachrul Razi menjelaskan terkait isu pelarangan cadar dan celana cingkrang yang tengah ramai di masyarakat. Klarifikasi ini dijelaskaan saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Kamis (7/11/2019) kemarin.

"Kami ingin cadar tidak boleh berkembang dengan alasan taqwa. Khawatir cadar berkembang sebagai ukuran ketaqwaan umat," Menteri Agama menjelaskan.

Baca: Tanggapi Pernyataan Menag soal Celana Cingkrang, GP Anshor: Radikalisme Bukan Sekadar Pakaian

Fahrul mengatakan penggunaan cadar dengan ketaqwaan tidak ada hubungannya. "Maraknya penggunaan cadar beralasan taqwa, ini yang bahaya," tuturnya.




Fachrul juga menuturkan jika pihaknya tidak pernah mengatakan melarang pakai cadar. Silahkan saja orang mau memakai cadar. "Kalau alasan keamanan di instansi-instansi tertentu ada pelarangan memakai penutup muka itu urusan masing-masing ," katanya lagi.

Baca: Facrul Razi: Kalau ke Masjid di Dekat Rumah Saya Pakai Celana Cingkrang

Menteri Agama menegaskan kembali, tidak ada hubungannya pemakaian cadar yang marak saat ini kemudian sebagai tolak ukur ketaqwaan. Begitu pula dengan pelarangan celana cingkrang, Fachrul menegaskan tidak pernah melarang penggunaannya.

Fachrul menuturkan ASN yang sedang bertugas tidak boleh memakai celana cingkrang karena ada peraturan yang tertera. "Saya kalau ke masjid biasa pakai celana cingkrang," ungkapnya.

Baca: Komisi VIII DPR Cecar Menag Fachrul Razi terkait Larangan Penggunaan Cadar dan Celana Cingkrang

Ia juga menegaskan tidak memiliki wewenang melarang penggunaan celana cingkrang. "Tidak pernah saya melarang," sambung Fachrul Razi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas