Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Surya Paloh: Rakyat Butuh Bukti, Partai Mana yang Paling Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila

Surya Paloh mengajak agar seluruh kader partai tidak boleh terganggu oleh pikiran-pikiran yang memporak-porandakan kehidupan yang harmonis.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Surya Paloh: Rakyat Butuh Bukti, Partai Mana yang Paling Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh usai memberikan arahan saat menghadiri Kongres II dan Hut ke-8 Partai Nasdem di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai Nasdem tersebut mengambil tema 'Restorasi Untuk Indonesia Maju'. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh resmi membuka Kongres II Partai NasDem yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) malam.

Pembukaan kongres ditandai dengan membunyikan alat musik lesung. Lebih dari 8.000 kader NasDem hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Surya Paloh mengatakan Kongres II ini merupakan upaya untuk meningkatkan konsolidasi dan kepekaan terhadap keinginan partai agar terus-menerus menyatukan pikiran, pandangan, dan cita-cita.

"Partai ini hadir untuk tetap konsisten membawa visi besar yang kita sebut dengan gerakan perubahan restorasi Indonesia," ucap Surya Paloh.

Ia juga menegaskan bahwa visi tersebut digulirkan ke dalam misi yang mulia untuk memberikan sesuatu yang berarti bagi proses perjalanan kehidupan kebangsaan yang sedang dijalankan.

"Kita mengerti betapa kompleks, besarnya tantangan kehidupan kebangsaan yang ada di negeri kita pada saat ini. Maka, syarat utama yang harus dihadirkan oleh seluruh kekuatan elemen masyarakat yang ada di negeri ini adalah menyatukan spirit kebangsaan," kata Surya Paloh.

BERITA TERKAIT

Surya Paloh mengajak agar seluruh kader partai tidak boleh terganggu oleh pikiran-pikiran yang memporak-porandakan kehidupan yang harmonis.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kedua kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Kongres II dan Hut ke-8 Partai Nasdem di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai Nasdem tersebut mengambil tema 'Restorasi Untuk Indonesia Maju'. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kedua kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Kongres II dan Hut ke-8 Partai Nasdem di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai Nasdem tersebut mengambil tema 'Restorasi Untuk Indonesia Maju'. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Saat ini, pikiran-pikiran sempit seperti itu berkembang dengan membesarkan perbedaan dan keberagaman yang menjadi kodratnya Indonesia, baik perbedaan dalam suku, agama, maupun etnik.

"Karena itulah di Indonesia, NasDem ingin mempertegas sikap politik perjuangan partai ini agar seluruh potensi kemampuan yang dimiliki oleh anak negeri ini tanpa harus melihat latar belakang perbedaan suku dan agama, tapi semua adalah saudara kita sebangsa dan setanah air," tegasnya.

Menurut Paloh, rakyat butuh bukti, partai mana yang paling mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Baca: Seakan Tanggapi Sindiran Jokowi, Surya Paloh : Rangkulan Silaturahmi Dimaknai Kecurigaan

Baca: Kongres II NasDem Resmi Dibuka, Ini yang Disampaikan Surya Paloh

Jadi, kata Surya, jika NasDem mau dikenal sebagai partai yang Pancasilais, pertama bersikaplah rendah hati, rangkul teman, salam teman, tawarkan pikiran-pikiran sesama teman, jangan memusuhi teman.

"Itu baru namanya mengamalkan nilai-nilai Pancasila," imbuh.

Surya mengajak seluruh kader Partai Nasdem dari seluruh tanah air, agar menjadikan Kongres II Partai NasDem menjadi awal untuk menunjukkan kepeloporan dalam kerendahan hati.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kedua kiri) saat menghadiri Kongres II dan Hut ke-8 Partai Nasdem di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai Nasdem tersebut mengambil tema 'Restorasi Untuk Indonesia Maju'. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kedua kiri) saat menghadiri Kongres II dan Hut ke-8 Partai Nasdem di Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai Nasdem tersebut mengambil tema 'Restorasi Untuk Indonesia Maju'. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Ia berharap seluruh kader menjadi pribadi yang mau mendengar, mau menerima kritik, menghormati kritik serta merangkul teman.

"Bangkitlah Indonesia yang kita miliki bersama, itulah tugas kita, ajak semuanya bersatu, ubah prasangka pikiran-pikiran yang mengandung sinisme dan menghina. Kalau kita tidak bisa bantu, janganlah menghina orang lain," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas