Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bahtiar Effendy Berpulang, Sekjen MUI Akui Kehilangan Teman Dekat

Anwar Abbas mengenang sosok almarhum Bahtiar Effendy sebagai seorang ilmuwan dan akademisi murni.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Bahtiar Effendy Berpulang, Sekjen MUI Akui Kehilangan Teman Dekat
Twitter Muhammadiyah
Bahtiar Effendy akan dimakamkan di kompleks pemakaman yang berada di dekat kompleks tempat tinggal almarhum di Kota Depok, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengaku kehilangan teman dekat setelah Bahtiar Effendy meninggal dunia pada Rabu (20/11/2019) sekitar pukul 00.00 WIB.

"Iya (kehilangan teman dekat), sangat sangat dekat (dengan saya). Makanya tadi pagi saya langsung pukul 05.00 berangkat dari rumah menuju ke sana untuk takziah," ujar Anwar, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (21/11/2019).

Anwar Abbas mengenang sosok almarhum Bahtiar Effendy sebagai seorang ilmuwan dan akademisi murni. Banyak tulisan almarhum, kata dia, yang dibaca oleh pakar dari dalam dan luar negeri.

"Beliau adalah seorang ilmuwan murni, akademisi murni dan menurut saya cukup hebat dan handal sehingga tulisannya banyak dibaca oleh pakar dalam dan luar negeri. Baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy telah berpulang, pada Rabu (20/11/2019) sekitar pukul 00.00 WIB.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwas Abbas mengatakan Bahtiar meninggal karena sakit.

Baca: Sekjen MUI: Ketua PP Muhammadiyah Bachtiar Effendy Dimakamkan Bada Dzuhur

BERITA REKOMENDASI

Meski begitu, selama ini Bahtiar disebutnya tetap bisa beraktivitas. Anwar sendiri tak menjelaskan secara rinci penyakit apa yang diderita almarhum.

"Beliau (meninggal karena) sakit, sudah lama (sakitnya). Tapi masih bisa beraktivitas (selama ini)," ujar Anwar, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (21/11/2019).

Baca: Almarhum Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy Akan Dimakamkan di Depok

Bahtiar menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Berdasarkan informasi yang diterima Anwar, Bahtiar Effendy akan dimakamkan di kompleks pemakaman yang berada di dekat kompleks tempat tinggal almarhum di Kota Depok, Jawa Barat.

Rencananya, kata dia, almarhum akan dimakamkan ba'da dzuhur.

"Dimakamkan ba'da dzuhur di pemakaman samping kompleks tempat beliau tinggal. Kompleks Gema Pesona Depok, Jawa Barat," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas