Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menko Polhukam Mahfud MD Berdialog dengan Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Papua

Dialog ini diikuti oleh sedikitnya 80 tokoh dari seluruh kabupaten kota dan seluruh wilayah adat se Papua.

Menko Polhukam Mahfud MD Berdialog dengan Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Papua
ist
Menko Polhukam mengadakan pertemuan dan berdialog dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat Papua di Jayapura. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam kunjungan kerjanya ke Papua hari ini, Sabtu (30/11/2019) Menko Polhukam Mahfud MD mengadakan pertemuan dan berdialog dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat Papua di Jayapura.

Dialog ini diikuti oleh sedikitnya 80 tokoh dari seluruh kabupaten kota dan seluruh wilayah adat se Papua.

Hadir pula wakil menteri PUPR yang asal Papua, John Wempi, serta Wakil Gubernur Papua dan Wakil Walikota Jayapura.

Baca: Ada 5 Pejabat Negara Berada di Papua Jelang HUT OPM Besok, Siapa Saja?

Para tokoh masyarakat dan tokoh adat Papua menyambut baik upaya Menko Polhukam Mahfud MD untuk membuka dialog dengan masyarakat Papua, yang diwakili oleh para tokoh adat.

Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan bahwa sejak awal pemerintah Indonesia selalu ingin memajukan Papua sama dengan daerah lain. Bahwa adanya persoalan pembangunan karena keterbatasan infrastruktur memang terjadi, namun percayalah bahwa pemerintah Indonesia selalu memberikan perhatian khusus kepada Papua, agar ketertinggalan di bidang infrastruktur, pendidikan, dan lain-lain bisa segera diatasi.

Baca: Seusai Bertemu Tokoh Papua, Mahfud MD Minta Pemberitaan Tentang Papua Tak Melulu soal Kekerasan

“Pemerintah melakukan diskriminasi yang baik, yang berbentuk afirmasi, untuk memajukan Papua agar bisa sama dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu maju, misalnya dengan UU otonomi khusus yang tidak dimiliki oleh daerah lain” ungkap Menko Polhukam.

Mahfud MD menambahkan, “Saya datang untuk berdialog dengan para tokoh untuk mendengarkan apa usulnya, apa masukannya, agar hari esok kita semua lebih baik dan lebih leluasa dalam bekerja. Mari kita menatap ke depan untuk maju bersama, dengan cita2 dan tujuan yang sama” ungkap Mahfud MD.

Baca: Stafsus Billy: Saya Ingin Lahirkan 100 Pengusaha Per Tahun

Beberapa masukan dari para tokoh antara lain, agar warga dan pengusaha papua dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur. Juga soal penerapan otsus, yang dinilai tidak konsisten dan kerap tidak diterapkan di lapangan.

Mahfud MD menyatakan terima kasih atas berbagai masukan dari para tokoh, yang akan dikaji jalan keluarnya. Sebaliknya, para tokoh dan pemerintah provinsi berharap semoga dengan dialog yang dibangun Menko Polhukam seperti ini bisa membawa perubahan yang baik bagi pemerintah, khususnya dalam periode kedua pemerintahan Jokowi.

Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas