Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

‎Presiden Jokowi Jamin Pemenuhan HAM bagi Penyandang Disabilitas

Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia mengatakan Presiden Jokowi telah menjamin pemenuhan HAM bagi penyandang disabilitas di Indonesia

‎Presiden Jokowi Jamin Pemenuhan HAM bagi Penyandang Disabilitas
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia saat memberikan keterangan terkait Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember 2019 besok 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Hari Disabilitas Internasional dirayakan setiap tahun pada 3 Desember.

Indonesia turut merayakan Hari Disabilitas Internasional.

Baca: Menkopolhukam Mahfud MD Bakal Setor LHKPN ke KPK Hari Ini

Tahun ini tema yang diambil ialah Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul.

Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia mengatakan Presiden Jokowi telah menjamin pemenuhan HAM bagi penyandang disabilitas di Indonesia.

Ini didukung dengan paradigma negara terhadap warga negara penyandang disabilitas yang sudah berubah dari charity based menjadi human rights based.

"Dari sisi undang-undang dan produk aturan turunannya, sangat jelas bahwa paradigma pemenuhan HAM bagi warga negara penyandang disabilitas bukan hanya retorika," tutur Angkie, Senin (2/12/2019) di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Angkie berpendapat selama ini penyandang disabilitas sudah diberi hak dan kesempatan untuk berpartisipasi secara penuh sebagai subjek pembangunan dan menikmati hasil pembangunan.

"Misalnya saja, Kemepora atas instruksi presiden sudah memberikan bonus yang sama antara atlet penyandang disabilitas di Asian Para Games ‎dengan atlet non penyandang disabilitas di asian Games," ungkapnya.

Angkie menjelaskan seorang atlet penyandang disabilitas peraih emas dalam Asian Para Games mendapat bonus Rp 1,5 miliar, jumlah yang sama seperti yang diberikan oleh pemerintah pada atlet non penyandang disabilitas yang berlaga di Asian Games.

Pemberian bonus yang sama besar ini baru pertama kali dalam sejarah di Indonesia karena sebelumnya atlet penyandang disabilitas mendapatkan bonus yang jauh lebih sedikit dibandingkan atlet non penyandang disabilitas dalam berbagai event olahraga resmi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Baca: Senin Ini, PN Depok Gelar Sidang Putusan Gugatan Jamaah First Travel

Angkie menambahkan dalam perayaan Hari Disabilitas Internasional besok, Kementerian Sosial bakal menggelar perayaan yang direncanakan dihadiri oleh ‎Presiden Jokowi.

"‎Acara besok yang mengadakan dari Kementerian Sosial. Masih dibicarakan presiden akan hadir atau memberikan ucapan Selamat Hari Disabilitas Internasional 2019 melalui video pendek," tambah Angkie.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...

Baca Juga

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas