Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mendes Sambangi Pemanfaatan Dana Desa di Bojongkulur, Bogor

Mendes PDTT mengatakan, Desa Bojongkulur satu di antara beberapa desa yang mendekati desa surga, akronim dari seluruhnya untuk warga.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Mendes Sambangi Pemanfaatan Dana Desa di Bojongkulur, Bogor
HANDOUT
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meninjau pemanfaatan dana desa di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (4/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar meninjau pemanfaatan dana desa di Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Mendes PDTT mengatakan, Desa Bojongkulur satu di antara beberapa desa yang mendekati desa surga, akronim dari seluruhnya untuk warga.

"Ini mungkin salah satu jenis desa yang akan jadi desa surga. Desa ini bagus, banyak hal yang bisa kita lihat pertama dari sisi pelayanan masyarakatnya, pemerintahnya, warga desanya semua guyub. Desa milik kita harus dikelola dengan baik dan saya berharap desa ini menjadi embrio dari desa surga, yaitu desa yang semuanya untuk warga," kata Halim dalam keterangan tertulis, Rabu (4/12/2019).

"Desa surga adalah desa yg warganya nyaman dengan tempat itu sehingga tidak berpikiran pindah kemana-mana dan rasa kepemilikan terhadap desa bagus," kata dia.

Dia menyatakan, ciri-ciri 'Desa Surga' diantaranya lingkungan bersih, toleransi keagamaan, hubungan sosial baik maupun kenyamanan lingkungan.

"Desa surga ini sebuah impian setelah desa mandiri sesuai dengan ukuran normatif menurut indeks pembangunan desa maupun pencapaian SDG's terpenuhi," ujarnya. 

Baca: Uang Dana Desa Rp 320 Juta Digondol Maling, Begini Kronologi Kejadiannya

BERITA TERKAIT

Gus Halim mengungkapkan kehadirannya di Desa Bojongkulur untuk mengecek penggunaan dana desa yang masuk kategori desa mandiri itu.

"Kita akan mengecek di setiap level desa mandiri, desa maju dan desa tertinggal dalam penggunaan dana desa. Melihat pembangunan desa menggunakan dana desa. Alhamdulillah banyak hal yang kita dilihat masyarakat, pemerintahan desanya guyub meskipun Desa Bojongkulur ada di pinggiran kota," katanya.

Baca: Empat Desa Bermasalah di Jawa Barat Tidak Dapat Dana Desa

Dia berpesan kepada kepala desa dan masyarakat agar mempertahankan kondisi desa dan mengelolanya dengan baik.

"Tadi kita pesan kepada masyarakat dan kepala desa, apapun yang terjadi kondisi desa ini harus dipertahankan dan dikelola dengan baik," tuturnya.

Ia berjanji akan mendorong dan mendukung desa tertinggal melalui dana desa dengan pendampingan secara maksimal.

"Kita akan sinergikan dengan kementerian di lembaga lain agar terjadi percepatan-percepatan pembangunan desa terutama pada sumber daya manusia," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas