Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

‎Buwas Yakin BNN Tidak Bakal Dibubarkan

"BNN fungsinya kordinasi internasional. Setiap negara punya BNN‎. Narkoba internasional tidak bisa ditangani polisi saja," tutur Buwas

‎Buwas Yakin BNN Tidak Bakal Dibubarkan
Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso atau Buwas angkat bicara menanggapi pernyataan Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu terkait pembubaran BNN.

"Kita anggap itu sebagai suatu pemberian suport, koreksi. Cara berpikirnya disitu, tapi kan tidak mungkin kalau BNN dibubarkan," tegas Buwas saat dihubungi Tribunnews.com, Jumat (6/12/2019).

Baca: Soal Pernyataan BNN Dibubarkan Saja, Heru Winarko: Kita Bekerja Saja

Direktur Utama Perum Bulog ini meyakini BNN tidak dibubarkan karena setiap negara memiliki BNN yang fungsinya kordinasi jaringan narkoba internasional.

"BNN fungsinya kordinasi internasional. Setiap negara punya BNN‎. Narkoba internasional tidak bisa ditangani polisi saja," tutur Buwas.

"Sekali lagi ini wujud koreksi keras DPR, Komisi III pada BNN. Mungkin beliau punya analisa atau ada masukan untuk kepentingan lebih baik BNN kedepan menyangkut generasi bangsa. ‎Saya kan mantan kepala BNN menanggapi itu ya sewajarnya saja," tambah Buwas lagi.

Diketahui, Masinton Pasaribu sempat mengusulkan BNN dibubarkan saat rapat dengan pendapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta di hadapan para petinggi dan jajaran BNN.

Kemudian Masinton mengkarifikasii pernyataannya soal pembubaran BNN usai kunjungan kerja di Mapolda Sumut bersama delapan anggota Komisi III DPR, Rabu (4/12/2019).

Menurut Masinton dia bukan meminta BNN untuk dibubarkan justru mendukung BNN menunjukkan greget dalam perang melawan peredaran Narkotika dan obat terlarang di Indonesia.

Masinton berharap BNN bisa mengevaluasi kerja pemberantasan Narkotika baik dari pencegahan atau pemetaan pada titik yang berpotensi menjadi jalur penyelundupan narkoba.

Baca: BNN Sinyalir Ada Peningkatan Penyelundupan Narkoba ke Wilayah Calon Ibu Kota Baru

BNN sebagai leading sector pemberantasan narkoba harus benar-benar optimal dalam bekerja.

"Jadi kita bukan meminta untuk dibubarkan, karena BNN itu dibentuk di masa Megawati. Waktu itu namanya masih koordinasi. Status BNN sekarang sudah ditingkatkan selevel dengan lembaga negara, setingkat kementerian maka BNN harus optimalkan dirinya. Apalagi negara sudah menyatakan perang melawan narkoba," tutur Masinton.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas