Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PAN Disebut Kesulitan dengan Kehadiran Amien Rais, Pengamat Politik: Relatif Cukup Merugikan

Analis Politik Adi Prayitno mengatakan keberadaan Amien Rais di PAN dapat menguntungkan sekaligus merugikan partai tersebut

PAN Disebut Kesulitan dengan Kehadiran Amien Rais, Pengamat Politik: Relatif Cukup Merugikan
TRIBUN/JEPRIMA
Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Amanat Nasional Amien Rais menggelar konferensi pers di kantor DPP PAN Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM Analis Politik UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno mengatakan keberadaan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais di partai tersebut dapat menguntungkan sekaligus merugikan partai tersebut.

Ia mengatakan langkah-langkah politik yang dilakukan oleh Amien Rais seringkali menempatkan PAN dalam posisi yang tidak menguntungkan dalam perpolitikan di Indonesia.

Dikutip TribunWow.com dari video unggahan kanal Youtube Kompastv, Minggu (8/12/2019), mulanya Adi Prayitno menjelaskan bagaimana posisi PAN dalam kancah perpolitikan Indonesia semua tergantung pada langkah politik Amien Rais.

"PAN ini memang kurang dan lebihnya sangat tergantung sama Pak Amien Rais sebagai Dewan Kehormatan di Partai Amanat Nasional (PAN)," jelas Adi Prayitno.

Ia mengatakan berdirinya PAN tidak bisa lepas dari peran Amien Rais yang merupakan pendiri PAN.

"Karena memang sejak awal PAN ini tidak lepas dari institusionalisasi Pak Amien sebagai pendiri, mantan Ketua Umum (Ketum) yang sejak awal membesarkan PAN," kata Adi Prayitno.

Peran Amien Rais yang kuat di dalam tubuh PAN justru menjadi bumerang ketika PAN menjadi partai yang semakin terbuka dan berkembang.

Ia mengatakan langkah-langkah politik Amien Rais yang dilakukan terkadang justru memposisikan PAN dalam situasi yang sulit.

Bahkan tak jarang merugikan partai tersebut seperti saat Pileg 2019.

"Tapi pada saat yang bersamaan, dalam perkembangannya ketika PAN berdiaspora menjadi partai yang cukup terbuka, menjadi partai inklusif dan modern, sikap-sikap politik Pak Amien Rais sering kali manuvernya itu membuat PAN agak kesulitan," ujar Adi Prayitno.

Baca Selengkapnya >>>

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Tiffany Marantika Dewi
Sumber: TribunWow.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas