Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Imlek 2020

43 Napi Dapat Remisi Khusus Imlek 2020, Seorang di Antaranya Langsung Bebas

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM memberikan Remisi Khusus (RK) Hari Raya Imlek 2020 kepada 43 narapidana pemeluk agama Konghucu.

43 Napi Dapat Remisi Khusus Imlek 2020, Seorang di Antaranya Langsung Bebas
Tribun Jabar/Firman Wijaksana
Mantan Ketua Bawaslu Garut, Heri Hasan Basri menitikkan air mata usai mendapat remisi yang diserahkan Bupati Garut, Rudy Gunawan di Lapas Kelas II B Garut, Jalan Banyuresmi, Sabtu (17/8/2019). Tribun Jabar/Firman Wijaksana 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM memberikan Remisi Khusus (RK) Hari Raya Imlek 2020 kepada 43 narapidana pemeluk agama Konghucu yang tersebar di seluruh Indonesia, Sabtu (25/1/2020) bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili.

"Pemberian remisi khusus di Hari Raya Imlek ini merupakan bentuk pemenuhan hak narapidana, dengan syarat mereka harus sudah mengikuti program pembinaan dan tentu selama menjalani masa pidana tidak melanggar hukum serta kedisiplinan. Yang jelas ini implementasi langsung Resolusi Pemasyarakatan tahun 2020," ujar Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 42 narapidana mendapatkan RK I berupa pengurangan sebagian masa pidana yang terdiri dari 10 orang menerima remisi 15 hari, 23 orang menerima remisi 1 bulan.

Selanjutnya 8 orang menerima remisi 1 bulan 15 hari dan 1 orang mendapat remisi 2 bulan.

Selain itu terdapat seorang narapidana yang mendapatkan RK II atau langsung bebas.


Bangka Belitung Terbanyak

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bangka Belitung kembali menyumbang jumlah penerima RK Hari Raya Imlek terbanyak yaitu sebanyak 16 Narapidana.

Sementara itu, narapidana penerima remisi lainnya tersebar di berbagai wialayah lainnya seperti Bali, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengahm, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau dan Riau.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Yunaedi, mengungkapkan pemberian RK kali ini menghemat anggaran biaya makan sebesar Rp 21.930.000 dengan biaya makan per hari rata-rata sebesar Rp 17.000 per orang.

Baca: Ketika Hendra Setiawan Dibuat Ngakak Fajar Alfian saat Meminta Angpao di Hari Raya Imlek 2020

Baca: 40 Daftar Ucapan Selamat Imlek 2020 dalam Bahasa Mandarin, Inggris & Indonesia, Cocok Update Medsos!

Selain itu, proses pemberian remisi berjalan dengan cepat dan transparan karena diselenggarakan secara online dengan menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...

Berita Terkait :#Imlek 2020

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas