Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Ada Wabah Virus Corona, Wishnutama: Tak Ada Larangan Turis China ke Indonesia

Wishnutama, mengatakan sejauh ini belum ada pelarangan turis China ke Indonesia karena wabah virus corona.

Ada Wabah Virus Corona, Wishnutama: Tak Ada Larangan Turis China ke Indonesia
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Sejumlah turis China mendominasi kunjungan di Pantai Kelan, Badung, Selasa (23/10/2018). Pariwisata Bali dijual murah kepada wisatawan China. TRIBUN BALI/I NYOMAN MAHAYASA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama, mengatakan sejauh ini belum ada pelarangan turis China ke Indonesia karena wabah virus corona.

"Pemerintah Indonesia, hingga saat ini belum memberlakukan kebijakan mengenai pelarangan turis dari China," ucap Wishnutama, di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta pusat, Senin (27/1/2020).

Menurut Wishnutama, sejauh ini negara lain di dunia juga belum ada pelarangan turis yang berasal dari China berkunjung ke negara mereka.

"Apabila negara lain tidak melarang, kenapa kita harus melarang. Meski kita tidak melarang, tetapi kita juga harus tingkatkan kewaspadaan," kata Wishnutama.

Baca: Indonesia Masih Bebas dari Virus Corona

Ia menyebutkan, dalam hal ini pihak  Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga telah memberi peringatan bagi warga Indonesia, agar waspada saat menuju China dan dilarang menuju Wuhan.

"Pemerintah hanya melarang kunjungan turis dari kota awal penyebaran virus corono yaitu Wuhan dan Provinsi Hubei," ucap Wishnutama.

"Dalam hal ini pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) juga telah memberi peringatan bagi WNI untuk waspada saat menuju China dan dilarang menuju Wuhan.

Hal ini juga disampaikan oleh Direktur Jendral Protokoler dan Konsuler Kemenlu Andri Hadi, yang mengatakan tidak ada negara di dunia yang melarang turis China masuk saat ini.

"Turis dari China banyak berada di Thailand dan Singapura. Bahkan Singapura yang sangat takut terhadap wabah penyakit, tidak melarang turis dari China masuk negaranya," ujar Andri.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas