Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Koordinasi Bareng Wishnutama, Menteri Budi Karya Tutup Penerbangan ke Wuhan

Budi Karya Sumadi hari ini menggelar rapat kordinasi mengenai virus corona di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat

Koordinasi Bareng Wishnutama, Menteri Budi Karya Tutup Penerbangan ke Wuhan
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Petugas mengoperasikan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawwn

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini menggelar rapat kordinasi mengenai virus corona di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Rapat kordinasi ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto.

Menhub Budi Karya, mengatakan rapat kordinasi ini berkaitan dengan virus corona, dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan atas kejadian itu.

"Saat ini Kemenhub telah mengambil langkah menutup penerbangan, baik dari wuhan, China ke Indonesia atau sebaliknya untuk mengatisipasi penyebaran virus corona," ucap Budi Karya, Senin (27/1/2020).

Baca: Respons Kekhawatiran Indonesia soal Virus Corona, Jokowi: Pengawasan Semua Bandara Sudah Dilakukan

Selain itu ia juga menambahkan, sudah berkordinasi dengan Menkes untuk meminta petugas kesehatan di bandara dan pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan intensif.

"Pemeriksaan yang dilakukan nantinya juga harus disertai dengan sikap profesional, humble, dan sopan santun kepada para pengguna layanan bandara ataupun pelabuhan," kata Budi

Meski menutup penerbangan dari Wuhan dan sebaliknya, Menhub juga mengatakan, sejauh ini tidak ada larangan mengenai turis asal Tiongkok untuk masuk ke Indonesia."Negara lain masih welcome, kita pun harus welcome tetapi disertai juga kewaspadaan," ucap Budi.

Sementara itu Menkes Terawan, telah menempatkan petugas profesional di kantor kesehatan pelabuhan (KKP) yang menjadi leading sektor pintu masuk negara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Petugas yang ditempat kan di berbagai pintu masuk negara, merupakan petugas yang memahami standrar operasional dalam melakukan pemeriksaan tentang penyakit dan virus terkait," ujar Terawan

Ia juga menambahkan, petugas KKP ini sudah diberikan pelatihan mengenai apa yang harus dilakukan bila ada yang terjangkit virus corona, dan mereka juga sudah tau harus berbuat apa dan harus ke mana mereka sudah tau.

"Sejauh ini kami sudah siapkan 150 rumah sakit terkait rujukan bagi yang terdampak virus corona, dan ini petugas KKP sudah mengetahui rumah sakit mana saja," ucap Terawan.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas