Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mendagri Dukung Mentan Capai Swasembada di Sektor Pertanian

Tito Karnavian memberikan dukungan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam mencapai swasembada beras, bawang, jagung dan sebagainya

Mendagri Dukung Mentan Capai Swasembada di Sektor Pertanian
Tribunnews.com/ Danang Triatmojo
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Jenderal (Purn) Tito Karnavian memberikan dukungan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam mencapai swasembada beras, bawang, jagung dan sebagainya.

Khususnya, bila Mentan berkeinginan untuk mengelola sektor pertanian dari bawah.

Baca: Mentan SYL: Bahan Taninya Saya Siapkan, Menkop UKM yang Olah, Ekspor Urusan Mendag

"Selaku Mendagri saya siap instruksikan inspektorat untuk menyisir perencanaan mulai dari bawah hingga ke tingkat atas yang berhubungan dengan pemajuan sektor pertanian ini," ujar mantan Kapolri itu dalam Rakernas Kementerian Pertanian 2020 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Namun, kata Mendagri, juga harus diperhatikan agar ada sinkronisasi, bukan hanya antarpusat-daerah.

Tapi utamanya juga di pusat sendiri.

Yakni, sinkronisasi antar kementerian dan lembaga, seperti Mentan-menteri Perdagangan dan Bulog.

"Agar benar benar berorientasi menjaga produksi dan jalur distribusi guna menjaga suplai, demand pasar demi kepentingan bangsa dan utamanya petani," jelas Mendagri.

Lebih lanjut dalam kesempatan itu pula, Mendagri teringat kala tinggal dan studi di New Zealand.

Meski negara ini sudah maju di daam ekonomi jasa, namun, kata Mendagri, sektor agraris mereka justru penopang utama GDP mereka.

"Saya pernah tinggal dan studi di New Zealand dan saya saksikan sendiri bahwa kemajuan sektor pertanian dan peternakan mereka beriringan dengan sektor manufaktur di sana. Adopsi teknologi, sistem pembibitan dan distribusi sektor pertanian disana sangat terintegrasi maju. Ini berkat adanya grand disain transformasi ekonomi yang memberi nilai tambah secara progresif ke petani dan sektor pertanian," tutur Mendagri.

Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga menjelaskan Mendagri Tito menanda-tangani Nota Kesepahaman dengan Mentan Syahrul Yasin Limpo utamanya tentang kordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Pertanian dan Kementerian Dalam Negeri di dalam memajukan pertanian.

Baca: Mentan Syahrul Yasin Limpo Harap Kebutuhan Pangan Terpenuhi

Disamping Mendagri, hadir antara lain Menteri Perdagangan, Menteri Koperasi dan UKM, Kepala Badan Siber Nasional, Kepala BPOM.

Rakernas Pembangunan Pertanian 2020 diikuti sekitar 1400 peserta termausk kepala dinas pertanian seluruh provinsi dan kabupaten seluruh Indonesia.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas