Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pemerintah Belum Putuskan Pelibatan TNI dalam Evakuasi WNI dari Hubei

Prosedur mengevakuasi WNI menurut Fadjorel bukan lah perkara mudah karena melibatkan hubungan ke dua negara.

Pemerintah Belum Putuskan Pelibatan TNI dalam Evakuasi WNI dari Hubei
Twitter/Joko Widodo
Rapat kerja Joko Widodo dengan beberapa menteri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, (30/1/2020). Jokowi memutuskan untuk segera melakukan evakuasi WNI yang berada di Provinsi Hubei, China. Dari pertemuan terbatas ini, saya memutuskan untuk segera mengevakuasi WNI yang berada di Provinsi Hubei, Tiongkok. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan evakuasi bagi warga negara Indonesia yang berada di Provinsi Hubei, China terkait mewabahnya virus corona.

Namun hingga saat ini belum diketahui pasti kapan proses evakuasi tersebut akan dilakukan.

"Persiapannya dilakukan setelah Ratas tadi malam. Tapi kami harus memberitahukan bahwa sejak merebaknya kasus tersebut pihak KBRI, Menlu, selalu berkoordinasi dengan setiap WNI yang ada di Hubei. Terutama mereka yang ada di kota Wuhan yang di-lock down," kata Juru Bicara Presiden Fadjorel Rachman di Komplek Istana Kepresidenan,  Jumat, (31/1/2020).

Baca: Pemerintah Alokasikan Dana Rp 133,2 Juta Untuk WNI di Provinsi Hubei

Selain itu menurut Fadjorel pemerintah juga belum memutuskan apakah evakuasi terhadap para WNI nanti dilakukan menggunakan pesawat militer atau sipil.

Prosedur mengevakuasi WNI menurut Fadjorel bukan lah perkara mudah karena melibatkan hubungan ke dua negara.

Baca: Kemenlu Buka Layanan Konsultasi dengan Mahasiswa Indonesia di Wuhan

"Karena ini kan hubungan antarnegara, tentu tidak semudah seperti kita berurusan antarprovinsi di Indonesia. Apalagi terkait dengan, karena mereka ada merebaknya virus Corona di Wuhan ini," katanya.

Pemerintah terus mengkoordinasikan langkah-langkah yang akan ditempuh bila evakuasi dilakukan. Termasuk perlakukan bagi para WNI yang dievakuasi. Bila mengacu pada instruksi Presiden nomor 4 tahun 2019, maka ada lebih dari 20 Kementerian yang akan terlibat dalam antisipasi mewabahnya virus Corona di Indonesia.

Baca: Pimpinan MPR Minta Pemerintah Segera Evakuasi WNI di Wuhan

"Tetapi dalam Ratas kemarin yang terlibat lebih banyak adalah Menteri luar negeri, Menkes, sementara ini. Tetapi untuk keperluan dalam negeri semua sudah disiapkan oleh Kemenkes," pungkasnya. 

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas