Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tangkal Virus Corona, 8 Bandara Internasional di Indonesia Dilengkapi Thermal Scanner

Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub Muhammad Alwi menerangkan, masing-masing 8 bandara itu dilengkapi dua alat thermal scanner.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Tangkal Virus Corona, 8 Bandara Internasional di Indonesia Dilengkapi Thermal Scanner
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
ANTISIPASI VIRUS CORPNA Petugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 kedatangan Internasional Bandara Juanda Surabaya, Kamis (10/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara menyatakan, ada 8 Bandara Internasional di Indonesia yang dilengkapi Thermal Scanner atau alat pendeteksi suhu tubuh.

Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub Muhammad Alwi menerangkan, masing-masing 8 bandara itu dilengkapi dua alat thermal scanner.

Baca: Siap Tambah Pesawat untuk Evakuasi WNI di Wuhan, TNI Dinilai Tunjukkan Kesiapsiagaannya

Setiap penumpang dari perjalanan luar negeri terutama yang datang dari Tiongkok diwajibkan melewati alat tersebut, untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke tanah air.

"Otoritas bandara sudah memiliki langkah preventif akan virus corona, seperti bandara internasional wajib ada alat pendeteksi thermal scanner untuk scanning penumpang yang datangnya dari luar negeri, terutama dari Tiongkok," ujarnya saat mengisi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2020).

Baca: Akibat Virus Corona, Kantor Google di China Ditutup

Delapan bandara internasional tersebut adalah Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Bandara Kualanamu di Medan, serta Bandara Sentani di Jayapura.

Kemenhub juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah dan otoritas bandara di China terkait penyebaran virus corona.

"Indonesia dan China terus saling tukar informasi, selalu update. Kami juga di dalam pesawat membagikan kartu kewaspadaan kesehatan. Jadi mau landing diberikan itu, dibagikan ke semua penumpang yang ada di pesawat. Gunanya menginformasikan kalau misal demam silakan melapor. Kartu itu untuk monitor," tuturnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas