Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jumat 7 Februari 2020: Jabodetabek Diprediksi Hujan Disertai Petir

Peringatan Dini Cuaca Besok, Jumat 7 Februari 2020: Jabodetabek Hujan Lebat Disertai Petir dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika BMKG

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Jumat 7 Februari 2020: Jabodetabek Diprediksi Hujan Disertai Petir
Pixabay
Ilustrasi hujan petir. Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Besok, Jumat 7 Februari 2020: Jabodetabek Hujan Lebat Disertai Petir 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia yang akan terjadi besok, Jumat (7/2/2020).

Dari informasi tersebut diketahui 18 wilayah berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir termasuk Jabodetabek dan Jawa Barat.

Sementara tercatat sembilan wilayah diprakiraan turun hujan termasuk Jawa tengah dan kalimantan Utara.

ILUSTRASI cuaca ekstrem - Simak peringatan dini cuaca tentang wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang/kilat, Kamis (7/2/2019) besok.
ILUSTRASI cuaca ekstrem - Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Besok, Jumat 7 Februari 2020: Jabodetabek Hujan Lebat Disertai Petir (pixabay.com)

BMKG menjelaskan peringatan diri dirilis bedasarkan temuan Bibit Siklon Tropis (92S) di Perairan Barat Australia yang bergerak ke arah Barat Daya, daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Sumatera, serta sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Kepulauan Nias dan Mentawai, dan di Perairan utara Maluku Utara.

Sementara konvergensi memanjang terdapat di Kepulauan Mentawai, dari Timur Lampung hingga Perairan utara Jawa Tengah, dan dari Laut Sumbawa hingga Laut Flores.

Daerah belokan angin terdapat di wilayah Sumatera Bagian Tengah,Kalimantan Barat,Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Perairan Utara Sulawesi.

Low Level Jet Stream dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot terpantau di wilayah Samudra Pasifik Timur Philipina hingga Laut Cina Selatan.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir yang Tribunnews kutip dari BMKG.go.id pada Kamis (6/2/2020).

Wilayah berpotensi hujan lebat

- Kepulauan Bangka Belitung

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas