Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

JB Sumarlin Meninggal

Romo Benny: JB Sumarlin Sosok Ekonom yang Perhatikan Kesejahteraan Rakyat

Jb Sumarlin berpulang pada Kamis (6/2/2020) pukul 14.15 WIB. Dia menghembuskan napas terakhirnya di RS St. Carolus, Jakarta Pusat.

Romo Benny: JB Sumarlin Sosok Ekonom yang Perhatikan Kesejahteraan Rakyat
Kementerian Keuangan RI
Menteri Keuangan RI 1988 - 1993, JB. Sumarlin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Menteri Keuangan era Soeharto, Johannes Baptista Sumarlin atau JB Sumarlin meninggal dunia pada usia 87 tahun, Kamis (6/2/2020).

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo mengaku kehilangan sosok ekonom yang memiliki tanggung jawab moral.

Romo Benny melihat sosok JB Sumarlin sebagai orang yang konsisten memperhatikan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca: Kementerian Keuangan Sampaikan Rasa Duka Mendalam atas Berpulangnya JB Sumarlin

Baca: Profil & Prestasi Mendiang JB Sumarlin yang Disebut Berperan Besar Bagi Perbaikan Ekonomi Indonesia

"Pak Sumarlin adalah tokoh yang sejak di Bappenas dia konsisten dalam memperhatikan kesejahteraan masyarakat lewat program-program pembangunan desa," ujar Romo Benny, Kamis (6/2/2020).

Pernah bertemu beberapa kali dengan mendiang JB Sumarlin, Romo Benny mengatakan beliau dikenal sebagai sosok tekun dan setia dalam pekerjaan.

Menurutnya, JB Sumarlin mengenalkan prinsip kehati-hatian dalam ekonomi dan berjasa bagi Indonesia karena mampu memulihkan krisis ekonomi di era pemerintahan orde baru.

"Pak Marlin adalah bapak ekonomi kita. Dan kita merasa kehilangan sosok yang selama ini mempunyai perhatian besar pada ekonomi kerakyatan dan bagaimana mampu mewujudkan nilai-nilai bersama yaitu terwujudnya keadilan sosial," kata dia.

Di sisi lain, Romo Benny menyinggung karya-karya besar mendiang yang merupakan refleksi dari proses pembangunan pertumbuhan ekonomi.

"Lewat karya-karya besar pak Marlin kita sebenarnya diajak untuk merefleksikan tentang bagaimana proses pembangunan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan roda ekonomi, meskipun dalam praktik tidak seideal yang dibayangkan oleh beliau," jelas Romo Benny.

"Maka kita kehilangan tokoh bangsa yang juga memperjuangkan cita-cita kemerdekaan dan tokoh yang selalu konsisten untuk berjuang bagi kebaikan bersama," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Indonesia kehilangan tokoh ekonomi nasional pada Kamis (6/2/2020) hari ini. Menteri Keuangan era Presiden Soeharto Johannes Baptista Sumarlin atau JB Sumarlin meninggal dunia di usia 87 tahun.

Jb Sumarlin berpulang pada Kamis (6/2/2020) pukul 14.15 WIB. Dia menghembuskan napas terakhirnya di RS St. Carolus, Jakarta Pusat.

JB Sumarlin lahir di Blitar, Jawa Timur, 7 Desember 1932. Dia adalah salah seorang ekonom Indonesia yang pernah memegang berbagai jabatan pemerintahan penting di bidang ekonomi, di antaranya Ketua BPK, Menteri Keuangan, Ketua Bappenas dan Menag PAN.

Sejak 1970 hingga 1998, JB Sumarlin memiliki peran penting dalam pusat kebijakan ekonomi dan keuangan.

Penghargaan yang diraih atas Pengabdiannya yaitu Menteri Keuangan terbaik tahun 1989 oleh Euromoney dan tahun 1990 oleh majalah Asia, Bintang mahaputra Adiprana III (1973), dan pernah pula meraih Bintang Grootkruis in de Orde van Leopold II dari pemerintah Belgia tahun 1975.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas