Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemenkeu akan Berikan Dana BOS Langsung ke Sekolah

Diberikannya bantuan tersebut langsung kepada sekolah juga untuk mengantisipasi dinamika yang terjadi di pemerintah daerah (Pemda)

Kemenkeu akan Berikan Dana BOS Langsung ke Sekolah
Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Kresnadi Prabowo Mukti, Kasubdit Dana Alokasi Khusus Nonfisik, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Minggu (15/2/2020) di Jakarta Pusat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementrian Keuangan akan langsung memberikan dana bantuan operasional sekolah (BOS) langsung kepada sekolah.

Kresnadi Prabowo Mukti, Kasubdit Dana Alokasi Khusus Nonfisik, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan esensi diberikannya batuan langsung kepada sekolah adalah untuk membantu pendanaan operasional yang sebetulnya menjadi kewenangan daerah.

Baca: Sekolah Bisa Gunakan Dana BOS untuk Beli Alat Multimedia Hingga Peralatan Bengkel

"Seperti disampaikan, bahwa tahun yang lalu kan melalui Pemda, kenapa kok diubah, pasti ada tujuan atau bahasannya, atau jangan jangan ada sumbatannya," ujar Kresna, Minggu (15/2/2020) di Jakarta Pusat.

Keterlambatan sampainya dana BOS kepada sekolah penerima bantuan di tahun lalu menjadi catatan.

Diberikannya bantuan tersebut langsung kepada sekolah juga untuk mengantisipasi dinamika yang terjadi di pemerintah daerah (Pemda).

"Memang kalau kita melihat di bulan bulan januari dan februari harus kita akui dulu apakah sudah dari kas negara itu sudah ke pemda. Memang sudah, cuma sampai ke sekolahnya rata-rata bulan Maret atau April. Hal ini harus kita antisipasi, kenapa terlambat, karena memang beberapa dinamika kordonasi di Pemda tidak bisa kita pungkiri ada beberapa dinamikanya," ujar Kresna

Dalam rangka menterjemahkan program Mendikbud Nadiem Makarim, dari Kementrian keuangan membantu mengubah skema penyaluran dana BOS dengan cara transfer langsung kepada sekolah yang bersangkutan.

"Jadi untuk menjawab bahwa kalau dulu di bulan Januari - Februari kalau disebut sekitar 4 triliun tapi baru ke pemda. Kalau sekarang Jumat kemarin, itu sudah 8 Triliun tapi langsung kesekolah, jadi sudah langsung sekolah," lanjutnya.

Baca: Dana BOS Bisa Dipakai Untuk Beli Alat Multimedia Hingga Buka Bengkel Bagi SMK

Hal tersebut diterangkannya agar dana tersebut dapat segera dipergunakan langsung oleh sekolah penerima BOS.

"Jadi untuk menjawab keterlambatan tadi. Paling tidak yang pertama bahwa dulu itu belum sampai sekolah, sekarang sekolah. Agar supaya apa, agar segera bisa dilaksanakan oleh sekolah langsung. Jadi bahasanya kita bisa menggerakan secara langsung," ujar Kresna.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas