Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Observasi Selesai, WNI Diberi Surat Keterangan Bebas Virus Corona

Sebelum pulang, kami dicek kesehatannya, dicek suhu tubuhnya dan tadi dibagikan surat bebas corona

Observasi Selesai, WNI Diberi Surat Keterangan Bebas Virus Corona
Twitter/@WHO
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan nama resmi untuk virus corona baru (2019-nCoV), yakni COVID-19. Pemberian nama ini bertujuan untuk menghindari stigma buruk terhadap kelompok orang, individu, binatang, atau daerah tertentu. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang telah selesai diobservasi di Natuna pasca-pulang dari lokasi pusat virus corona, Wuhan China, diberikan surat keterangan bebas virus corona dari Kementerian Kesehatan.

Hal itu disampaikan, Hafiz, seorang peserta observasi asal Kementerian Tengah seperti dikutip dari wawancara Kompas TV, Sabtu siang ini (15/2/2020).

"Sebelum pulang, kami dicek kesehatannya, dicek suhu tubuhnya dan tadi dibagikan surat bebas corona," ujar Hafiz.

Ia mengatakan, selama mengikuti proses observasi di Hanggar Lanud Raden Sadjad, Natuna, pelayanan yang diberikan Kementerian Kesehatan dan Militer, sangat profesional.

Baca: Turis China Diisukan Terinfeksi Virus Corona di Bali, Ini Tindakan Dinkes, Tunggu Hasil Penyelidikan

"Setiap ada keinginan kami mau gitar, mau main ping pong, mau karokean, bahkan alat komunikasi selalu diberikan, sangat profesional di sini," ujar Hafiz.

Meski sempat khawatir atas penerimaan warga Natuna, namun setelah 14 hari mengikuti proses observasi warga sekitar sangat menerima kehadiran mereka.

Baca: Sejumlah WNI dari Natuna Tak Langsung Pulang Ke Daerahnya Masing-masing, Ini Sebabnya

"Awalnya kita khawatir masyarakat menolak namun hari ke hari kita nyaman. Pelayanan sangat profesional dan kami senang," kata Hafiz.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memastikan, semua WNI yang mengikuti proses observasi dalam keadaan sehat.

"Semuanya sangat menunggu-nunggu tanggal 15 jam 12 siang ini untuk membuka maskernya. Semua dinyatakan sehat termasuk tim konjen, juga tambahan awak pesawat Batik Air, semua sehat," kata Terawan setelah melepas pesawat membawa WNI ke Jakarta.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas