Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rektor Uhamka Akan Buka Program Studi Manajemen Masjid

Dalam kunjungan ini Wali Kota Bengkulu membahas mengenai pentingnya masjid untuk terus diberdayakan ditengah masyarakat yang sudah maju.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Rektor Uhamka Akan Buka Program Studi Manajemen Masjid
Istimewa
Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Prof. Gunawan Suryoputro menerima kunjungan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di ruang rapat I Rektorat Lantai IV Jakarta Timur, Selasa (3/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Prof. Gunawan Suryoputro menerima kunjungan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di ruang rapat I Rektorat Lantai IV Jakarta Timur, Selasa (3/2/2020).

Rektor didampingi Wakil Rektor I Prof. Abd. Rahman A. Ghani, Wakil Rektor III Dr. Lelly Qodariah, Sekretaris Universitas Emaridial Ulza, dan kepala-kepala Biro.

Bersama Wali Kota Bengkulu turut hadir Kadis Kominfo Kota Bengkulu Drs. Eko Agusrianto, Kepala DPPKAD Ir. Arif Gunadi, Kabag Protokol Fauzi indra rahendra, Kabid Pengelolaan IKP Dinas Kominfo Kota Bengkulu Nugroho Tri Putra, M.I.Kom dan Kabag Hukum Nurlia Dewi.




Dalam kunjungan ini Wali Kota Bengkulu membahas mengenai pentingnya masjid untuk terus diberdayakan di tengah masyarakat yang sudah maju.

"Jangan sampai masjid sepi karena padatnya kehidupan yang sudah maju, dan ini harus terus kita berdayakan," ujar adik kandung dari Ketua Umum DPP PAN ini.

Baca: Maruf dan Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa Bahas Pencegahan Radikalisme di Kampus

Menanggapi hal tersebut, Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro menyampaikan kesan yang mendalam atas inovasi dan keinginan Walikota untuk bekerjasama dengan Uhamka.

“Pak Wali terima kasih sudah berkunjung ke kampus kami dan bercerita banyak tentang inovasi-inovasi yang mampu memberikan perubahan besar dan keberkahan untuk kita semua," katanya.

BERITA TERKAIT

"Maka dari itu kami solusi yang tepat untuk mengembangan masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah dengan menawarkan solusi baru yakni harus ada pengelola masjid yang benar-benar profesional dan harus memahami seperti apa dan untuk apa masjid itu didirikan sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah," ujar Prof. Gunawan Suryoputro menambahkan. 

Ditambahkannya lagi ide inovasi untuk menggerakan masjid ini merupakan hal yang harus di wujudkan dan sangat selaras dengan rencana Induk Uhamka untuk menjadi Prophetic Entrepreneurial University.

"Ini nilai-nilai perjuangan Rasulullah dalam membangun peradaban dengan cara shidiq, tabligh, amanah dan fathonah akan kita terapkan di Uhamka sehingga menghasilkan lulusan yang unggul dalam kecerdasan spiritual, Intelektual, emosional, dan sosial dapat diwujudkan,” ujar Rektor Uhamka.

Untuk menjawab semua tantangan tersebut, Rektor Uhamka memutuskan untuk membuat program studi Manajamen Masjid bekerjasama dengan Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia difasilitasi bersama Walikota Bengkulu sebagai bentuk dukungan dan wujud nyata dakwah dalam mempersiapkan manusia yang berkualitas dalam melakukan pengelolaan masjid.

Program Studi Manajemen Masjid ini nanti akan menyiapkan menejer-menejer handal sesuai yang mampu mengelola Masjid sesuai dengan apa yang sudah dilakukan Rasulullah.

Seperti tempat berkumpul untuk membahas kepentingan umat, menjauhkan diri dari pikiran yang radikal dimana tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah dan bagaimana masjid menjadi tempat yang nyaman dalam melakukan kegiatan melebihi mal-mal dan tempat istirahat melebih hotel-hotel.” Ujarnya

Maka dari itu, Uhamka segera akan membentuk dua tim untuk menindaklanjuti program studi Manajemen Masjid.

"Tim pertama adalah tim untuk menyusun proposal pembentukan Program Studi Manajemen Masjid, dan tim kedua untuk menyusun kurikulum pada program tersebut," ujar rektor. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas