Tribun

Virus Corona

Waspada Virus Corona, Pelindo I Perketat Pengawasan di Pelabuhan Internasional

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan di seluruh pelabuhan guna mencegah virus corona.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Waspada Virus Corona, Pelindo I Perketat Pengawasan di Pelabuhan Internasional
TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi
Ilustrasi: Tim medis mengevakuasi seorang penumpang kapal laut yang diduga terinfeksi virus novel CoronaVirus (nCoV) di Pelabuhan Bandar Deli Belawan, Medan, Sumatera Utara, Senin (3/2/2020). Simulasi yang digelar Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Medan bekerjasama dengan Pelindo I tersebut bertujuan untuk kesiapsiagaan dalam menangani pasien suspect virus Corona di Pelabuhan. (TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan di seluruh pelabuhan guna mencegah virus corona.

SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo I, M Eriansyah, mengatakan pihaknya melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona baik kepada penumpang, awak kapal, dan seluruh pegawai serta stakeholder di lingkungan Pelindo I.

"Upaya pengawasan dan pencegahan Pelindo I dilakukan saat kapal akan bersandar di pelabuhan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh awak kapal dan kapal. Sehingga berstatus bebas karantina," ucap Eriansyah dalam keterangannya (5/3/2020).

Baca: Perokok Lebih Berpotensi Terjangkit Virus Corona, Ini Penjelasannya

Lanjut Eri, Pelindo dalam melakukan pencegahan dan pengawasan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan dan Pelabuhan (KKP).

"Upaya ini diterapkan di seluruh pelabuhan milik Pelindo I yang mencakup provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan khususnya Kepulauan Riau yang melayani bongkar muat cargo domestik maupun internasional," kata Eriansyah.

Menurut Eriansyah, Pelindo juga memasang thermal scanner untuk memeriksa suhu tubuh para penumpang.

Baca: Habib Luthfi Berikan Ijazah Salawat Penangkal Virus Corona untuk Umum, Ini Bacaan dan Artinya

Terminal yang dilengkapi thermal scanner di antaranya, pelabuhan Tanjung Pinang, Belawan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai.

"Kami juga mewajibkan seluruh petugas operasional dan para pemandu untuk selalu menggunakan masker khusus, alat pelindung diri, kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya," kata Eriansyah.

Baca: Moeldoko Sebut Indonesia Siap Atasi Virus Corona, Najwa Shihab: Jubir Saja Baru Ditentukan Kemarin

Pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan Pelindo I, kata Eriansyah, sudah berlangsung sejak awal 2020.

"Turut aktif dalam melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan Pelindo I baik itu untuk awak kapal, penumpang, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum," kata Eriansyah.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas