Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

DPR RI Dukung Penetapan Wabah Corona sebagai Bencana Nasional Non-Alam

DPR RI mendukung penetapan wabah Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non- alam sehingga respon atas peristiwa ini menggunakan langkah-langkah tanggap

DPR RI Dukung Penetapan Wabah Corona sebagai Bencana Nasional Non-Alam
Youtube KompasTV
Konferensi Pers Presiden Joko Widodo Soal Penanganan Virus Corona di Istana Negara, Minggu (15/3/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPR RI mendukung penetapan wabah Covid-19 sebagai Bencana Nasional non-alam sebagai respons atas mewabahnya virus corona di Indonesia.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan upaya tanggap darurat dapat dikoordinir oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"DPR RI mendukung penetapan wabah Covid-19 sebagai Bencana Nasional Non- alam sehingga respon atas peristiwa ini menggunakan langkah-langkah tanggap darurat bencana nasional yang dikoordinir oleh BNPB," kata Puan kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Baca: Hasil Tes Corona Wapres Maruf Amin Negatif, Tetap Bekerja dan Batasi Pertemuan

Selain itu, DPR juga meminta pemerintah mengoptimalkan peran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menjalankan fungsi terpadu dan terintegrasi dalam penanganan wabah corona di bawah koordinasi BNPB.

Langkah terpadu dan terintegrasi itu meliputi sosialisasi, deteksi dini, penanganan pasien, penanganan dampak dan rehabilitasi sesuai pedoman penanganan protokol WHO dalam hal pencegahan pandemik corona.

Baca: Antrean Penumpang Transjakarta Mengular, Yunarto: Orang Dianggap Semua Punya Kendaraan Pribadi?

"Pemerintah melalui BNPB juga harus memperkuat partisipasi masyarakat dan swasta dalam penanganan wabah corona," ujar politikus PDI Perjuangan ini.

Puan juga meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 segera mengumumkan langkah-langkah penanganan wabah Corona secara transparan kepada masyarakat.

Termasuk langkah-langkah kongkret bagaimana mencegah meluasnya penyebaran wabah virus corona.

"Gugus Tugas juga harus menjadi representasi kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat disertai langkah-langkah konkret sosialisiasi, edukasi, mitigasi, tanggap darurat dan pembatasan sosial untuk kepentingan penanganan wabah corona," kata Puan.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas