Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Formappi: Tak Perlu Lock Down Atasi Wabah Virus Corona

Lucius berharap agar masyarakat tidak panik secara berlebihan dalam mewaspadai penyebaran virus corona.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Formappi: Tak Perlu Lock Down Atasi Wabah Virus Corona
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Petugas Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru melakukan penyemprotan disinfektan di Mal Pelayanan Publik Pekanbaru untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (16/3/2020). Kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Wali Kota Pekanbaru untuk melakukan sterilisasi di sejumlah kantor pemerintah. Tribun Pekanbaru/Theo Rizky 

Formappi Ajak Masyarakat Bantu Pemerintah Perangi Virus Corona

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus berpendapat, Pemerintah Pusat tidak perlu menempuh kebijakan lock down sehubungan dengan makin meluasnya persebaran dan mereka yang terinfeksi virus corona di Indonesia.

Dia menilai, langkah Presiden Jokowi saat ini untuk tidak me-lock down Indonesia adalah sikap yang benar karena menurutnya kebijakan tersebut masih logis karena kondisi negara ini masih cukup terkendali.

“Yang jelas situasi kita masih terkendali. Artinya walau ada kepanikan, tetapi itu tak begitu signifikan ya. Pemerintah pusat nampaknya terus berjuang untuk memastikan kepanikan masyarakat tidak terlalu lama berlangsung, tentu dengan program-program yang makin transparan,” ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Senin 16 Maret 2020.

Lucius berharap agar masyarakat tidak panik secara berlebihan dalam mewaspadai penyebaran virus corona.

Dia mengatakan, reaksi kontra produktif justru malah menghambat upaya pemerintah dalam memerangi penyebaran virus tersebut.

Baca: Maaf, IIMS 2020 Harus Ditunda karena Virus Corona

“Sebagai sebuah pandemi global sikap paling tepat yang harus kita tunjukkan sekarang adalah bagaimana membantu pemerintah mengatasi meluasnya wabah corona ini. Bukan saat yang tepat untuk menilai benar atau salah ya. Kita singkirkan segala sesuatu yang membuat langkah pemerintah mengatasi virus ini terganggu,” kata dia.

Baca: Utang Luar Negeri Pemerintah Melonjak di Januari 2020, Didominasi Surat Utang

BERITA TERKAIT

Lucius mengkhawatirkan, ada oknum-oknum politikus yang memanfaatkan momentum penyebaran corona ini untuk menimbulkan keresahan masyarakat. Kondisi ini yang membuat upaya pemerintah tidak berdampak signifikan melawan virus corona.

“Yang paling penting bagaimana bisa menciptakan situasi penuh persaudaraan untuk membangun langkah bersama menghadapi ancaman virus ini,” kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas