Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tertunda oleh Virus Corona

Sejumlah penyelenggaraan kejuaraan olahraga internasional di Indonesia juga dibatalkan. Setelah ajang balapan Formula E di Kawasan Monas

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Tertunda  oleh Virus Corona
https://coronavirus.thebaselab.com/
Data virus corona atau covid-19 pada 16 Maret 2020 

Laporan wartawan tribun, Denis Destryawan, Lucius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sekarang Eropa menjadi "episentrum" pandemi virus corona (COVID-19) di dunia. Sebelumnya, pemerintah Indonesia mengeluarkan larangan masuk atau transit ke wilayah Indonesia untuk para pendatang atau wisatawan dari tiga negara yang terdampak corona. Ketiga negara itu yaitu Iran, Italia, dan Korea Selatan.

Baca: Antisipasi Virus Corona, Persib Bandung Jalani Tes, Dihadiri Ridwan Kamil

Wabah ini makin mendunia, Indonesia dari data terkini sudah empat warganya yang dipastikan meninggal dunia. Imbauan kemudian disampaikan, untuk tidak berpergian ke tempat-tempat keramaian, termasuk keluar negeri.

Di ibu kota, Gubernur DKI Jakarta resmi meliburkan sekolah-sekolah selama dua minggu untuk mengantisipasi penyebaran virus ini. Wali Kota Solo lebih dulu memastikan kejadian luar biasa (KLB) di kotanya terkait corona.

Pesohor, maupun atlet terpaksa harus menunda keluar negeri. Baik mengikuti ajang internasional, maupun mereka yang sudah menjadwalkan berpergian keluar negeri. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susi Susanti memastikan sejumlah turnamen bulutangkis internasional terpaksa dibatalkan diantaranya German Open 2020, Vietnam Open 2020 dan Polish Open 2020.

Namun, untuk gelaran All England tahun ini tetap berjalan sesuai jadwal. Susi mengatakan PBSI telah memberi masukan kepada para atlet di tengah merabaknya virus corona Covid-19.

Baca: MPR RI:  Langkah Presiden Berikan Kewenangan ke Daerah Terkait Corona Sudah Tepat

"Masukan kepada atlet untuk menjaga kesehatan sehingga mereka bisa tampil baik. Akan ada sosialisasi dari dokter-dokter PBSI juga. Diberikan informasi mengenai virus Corona, sehingga atlet bisa terhindar," kata Susi beberapa waktu lalu.

BERITA TERKAIT

Sementara batalnya beberapa turnamen membawa pengaruh pada mereka yang masih berjuang mengamankan posisi di Olimpiade Tokyo 2020. Namun menurut Susi bukan hanya atlet dari Indonesia saja yang dirugikan. Termasuk para atlet seluruh dunia.

"Pemain yang sudah pasti (ke olimpiade), kalau melihat perhitungan poin menuju olimpiade, di ganda putra, tunggal putra, ganda putri, tunggal putri dan satu ganda campuran. Mungkin saat ini yang coba mempertahankan adalah Hafiz (Faizal), Gloria (Emanuelle Widjaja)," ia memastikan.

Baca: Dota 2: EPICENTER Major 2020 Dibatalkan karena Corona

Sejumlah penyelenggaraan kejuaraan olahraga internasional di Indonesia juga dibatalkan. Setelah ajang balapan Formula E di Kawasan Monas, Jakarta ditunda, kini kejuaraan BMX internasional juga dibatalkan. Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mengumumkan bahwa kejuaraan BMX internasional 2020 yang akan digelar di Indonesia terpaksa ditunda karena kekhawatiran penyebaran wabah virus corona.

Beberapa kejuaraan yang ditunda tersebut adalah Banyuwangi International BMX, Asian BMX Championship, Jakarta International BMX 3, dan Asian Urban Cycling Championship yang sedianya digelar pada April nanti.

Baca: Jokowi Minta Jajaran Kementeriannya Beri Arahan dan Edukasi Masyarakat Tangani Pandemi Virus Corona

Sekretaris Jenderal PB ISSI Parama Nugroho menuturkan pembatalan setelah melalui diskusi internal, menyikapi wabag virus corona yang menjadi isu global. "Setelah PB ISSI melakukan pertemuan internal bersama membahas terkait wabah virus corona yang telah menjadi isu global, kami memutuskan untuk menunda beberapa kejuaraan," katanya.

Meski begitu, PB ISSI akan berupaya untuk melakukan penjadwalan ulang penyelenggaraan kejuaraan tersebut, mengingat itu menjadi ajang bagi para atlet balap sepeda BMX untuk berburu poin menuju Olimpiade 2020 Tokyo.

Hingga kini, PB ISSI masih menunggu persetujuaan dari Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI) serta Konfederasi Balap Sepeda Asia (ACC). Keputusan jadwal ulang akan ditentukan selambat-lambatnya pada awal Oktober mendatang.

Baca: BREAKING NEWS Testimoni Pasien Sembuh Corona: Saya Bersyukur Diisolasi

8 Event Besar Olahraga Yang Terancam Batal di Indonesia
1. e-Sport Free Fire Championships Cup 2020
14-15 Maret 2020 dan 19 April 2020 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.
2. Formula E 2019-2020
Juni 2020 di Monas, Jakarta.
3. Kualifikasi Piala Dunia 2020, Indonesia Vs Uni Emirat Arab 31 Maret 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.
4. Piala AFF U-18/19 2020
Juli-Agustus 2020.
5. Piala AFF U-15/16 2020
Juli-Agustus 2020.
6. Piala AFF Putri U-18/19 2020
Mei 2020.
7. Piala AFF Putri 15/16 2020
Juli-Agustus 2020.
8. Indonesia Open 2020
16-21 Juni 2020.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas