Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

RSPI: Jika Diperlukan, Pasien Sembuh Corona Masih Perlu Pemantauan

Sejumlah pasien terkait kasus virus corona atau Covid-19 sudah sembuh dan dipulangkan.

RSPI: Jika Diperlukan, Pasien Sembuh Corona Masih Perlu Pemantauan
Tribunnews.com/ Vincentius Jyestha
Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSPI Sulianti Saroso dr Dyani Kusumowardhani SpA di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (17/3/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah pasien terkait kasus virus corona atau Covid-19 sudah sembuh dan dipulangkan dari Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSPI Sulianti Saroso dr. Dyani Kusumowardhani, SpA, mengatakan tak semua pasien memerlukan pemeriksaan lanjutan atau pemantauan setelah sembuh.

"Kalau pasien sudah sembuh dan pulang itu karena sudah negatif dua kali. Berarti virus sudah tidak ditemukan lagi dan pada prinsipnya dia sudah sehat. Tapi kalau memang perlu pemeriksaan lanjutan itu tergantung kondisi dia selama perawatan," ujar Dyani, di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (17/3/2020).

Baca: 3 Pasangan Selebriti Ini Tunda Pernikahan karena Virus Corona Mewabah, Ada yang 2 Kali Gagal

Menurutnya, pasien yang mungkin memerlukan pemantauan lebih lanjut adalah pasien yang selama dirawat memiliki sakit berat.

Sementara bagi pasien yang tidak memiliki kondisi sakit terlalu berat ataupun pulang tanpa keluhan sama sekali, Dyani mengatakan yang bersangkutan tak perlu kontrol ke RSPI lagi.

Pasien-pasien dengan kondisi seperti itu, kata Dyani, dapat melakukan kontrol mungkin dengan rumah sakit terdekat dari domisilinya atau tempatnya tinggal.

"Kalau selama perawatan sakitnya berat mungkin akan perlu pemantauan lagi. Tetapi kalau yang kondisi tidak terlalu berat mungkin dengan kondisi pulangnya sembuh tanpa keluhan, tidak perlu kontrol ke RS di sini. Bisa ke rumah sakit terdekat," tandasnya. 

Ikuti kami di
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas