Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Ketua DPR: Masyarakat Harus Gotong Royong Hadapi Pandemi Corona

Puan Maharani mengimbau masyarakat bersikap positif dan bahu membahu, bergotong royong mengatasi pandemi virus corona atau covid-19.

Ketua DPR: Masyarakat Harus Gotong Royong Hadapi Pandemi Corona
IST
Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani saat mengicipi produk pangan di pameran rempah-rempah Rakernas I PDIP, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (11/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengimbau masyarakat bersikap positif dan bahu membahu, bergotong royong mengatasi pandemi virus corona atau covid-19.

Sebab penanggulangan wabah corona membutuhkan kerja bersama, gotong royong, dari seluruh pihak, pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, dan swasta.

"Pemerintah bersama TNI dan Polri bersinergi melalui upaya-upaya penanganan yang terintegrasi dan terpadu dalam memberikan edukasi, sosialisasi, mitigasi, serta penanganan pasien," kata Puan Maharani melalui keterangan tertulis, Kamis (19/3/2020).

Baca: MUI Imbau Jamaah Ijtima di Gowa Tak Menganggap Enteng Wabah Virus Corona

Baca: Acara Ijtima Ulama Dunia di Sulawesi Selatan Batal, Sebanyak 411 Jemaah WNA dan 8283 WNI Dipulangkan

Masyarakat juga perlu mengambil peran dalam ikut menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan, dan mendukung praktik sosial distance dan mematuhi protokol penanganan wabah.

Pihak swasta ikut mengambil peran dengan mendukung praktik bekerja dari rumah bagi para karyawannya, serta membantu penyediaan fasilitas kesehatan bagi penanggulangan.

Gedung-gedung milik swasta yang tidak terpakai bisa difungsikan sebagai rumah sakit sementara.

Khusus untuk pengelola rumah sakit swasta, Puan mengimbau sudah saatnya membantu sesama dengan berpartisipasi optimal membantu pencegahan dan penanggulangan corona.

"Mari kita gotong royong dan fokus menanggulangi pandemi covid-19 ini. Kami meminta pemerintah fokus menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat, karena menjaga dan menyelamatkan kesehatan masyarakat sama artinya menyelamatkan ekonomi nasional," ujar Puan.

Baca: TikTok Pertama Pulisic, Aksi Juggling Berujung Tawa

Baca: Ramalan Zodiak Keuangan Hari Ini Kamis 19 Maret 2020: Virgo Beruntung, Masalah Keuangan Aquarius

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini mengatakan Indonesia merupakan bangsa yang lahir dan besar karena selalu mengatasi tantangan dengan semangat gotong royong sebagai semangat asli Indonesia.

Ia yakin pada akhirnya bangsa ini akan melewati tantangan wabah virus corona.

Untuk itu, ia mengimbau untuk menjauhkan sikap egois, sikap mau selamat sendiri karena virus corona hanya bisa dilawan kalau kita bersatu menghadapinya.

"Mari kita selalu waspada, tidak panik dan optimistis. Tidak lupa saya selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)," ujar Puan.
--

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: chaerul umam
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas