Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota DPR Minta Konglomerat di Indonesia Bantu Mencegah Penyebaran Corona

sekarang saatnya segenap kalangan bahu-membahu semaksimal mungkin melakukan pencegahan dan menangani dampak Covid-19 sebagai tugas mulia kemanusiaan

Editor: Sanusi
zoom-in Anggota DPR Minta Konglomerat di Indonesia Bantu Mencegah Penyebaran Corona
ISTIMEWA
Politisi PKB Marwan Jafar 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak kalangan elemen masyarakat sudah bersikap aktif-responsif terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

Mulai dari mempraktikkan perkuat daya tahan tubuh, menjaga jarak antarorang, menjauhi keramaian hingga menunda atau membatalkan pernikahan hingga melaksanakan kerja dari rumah (WFH, work from home).

Itu sebabnya sangat layak bila kalangan konglomerat juga membuktikan rasa empati kepada sesama warga masyarakat yang mulai atau sudah cemas mengikuti perkembangan jumlah orang suspect, positif maupun meninggal karena wabah Covid-19.

Baca: Vanessa Angel Terancam Ditahan Karena Miliki Psikotropika Xanax

Baca: Lockdown Malaysia: Siti Nurhaliza Peringatkan Kontrol Aktivitas dan Mahathir Karantina Diri

"Karena itu dengan ini saya mengetuk hati para konglomerat Indonesia agar turut berkontribusi untuk negeri ini. Sebab seperti kita ketahui kalangan konglomerat memiliki sumber daya yang dapat dikerahkan atau dimanfaatkan buat kepentingan sesama warga bangsa. Ini sudah menyangkut pertaruhan kemanusiaan," ujar Anggota DPR RI Marwan Jafar, Jumat (20/3/2020).

Ia menambahkan, pihak pemerintah sudah berusaha keras menangani Covid-19.

Misalnya anjuran ke berbagai instansi pemerintah, lembaga swasta hingga institusi pendidikan untuk bekerja dari rumah (work from home) atau belajar dari rumah selama minimal 14 hari ke depan serta sejumlah sosialisasi imbauan perilaku hidup sehat.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, kalangan konglomerat tentunya dapat segera membantu dalam berbagai bentuk.

Misalnya terkait kamar-kamar rumah sakit rujukan yang kurang, membantu asupan gizi untuk tenaga-tenaga paramedis, bantuan peralatan kesehatan seperti kostum 'baju astronot' buat ratusan dokter serta perawat dan sebagainya.

"Sedangkan untuk kebutuhan mendesak warga masyarakat, saat ini sangat memerlukan barang-barang atau peralatan seperti masker penutup mulut-hidung dan cairan sehat pembersih (hand sanitizer) yang kini selangit harganya. Bahkan para konglomerat juga dapat memberikan bantuan jaringan rumah sakit dan hotel miliknya, mulai dari ambulans hingga helikopter atau pesawat untuk gugus tugas penanganan Covid-19 pemerintah," ujar Marwan.

Mantan Menteri Desa PDTT itu mengingatkan, sekarang saatnya segenap kalangan bahu-membahu semaksimal mungkin melakukan pencegahan dan menangani dampak Covid-19 sebagai tugas mulia kemanusiaan Indonesia.(Willy Widianto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas