Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan APD dan Rapid Test Rp 7 Miliar ke Gugus Tugas Covid-19

Operasi yang digagas Menhan Prabowo Subianto tersebut mendapatkan dukungan CSR perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia.

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan APD dan Rapid Test Rp 7 Miliar ke Gugus Tugas Covid-19
YouTube KompasTV
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di acara serah terima bantuan alat kesehatan dari China ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Senin (23/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan bantuan dari Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok untuk penanganan Coronavirus disease 2019 atau Covid-19 berupa alat-alat kesehatan seperti rapid test dan alat pelindung diri (APD).

Bantuan ini bernilai 433 ribu USD atau sekitar Rp7 miliar di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur pada Senin (23/3/2020).

Operasi yang digagas Menhan Prabowo Subianto tersebut mendapatkan dukungan corporate social responsibility (CSR) dari sejumlah perusahaan China yang berinvestasi di Indonesia.

Prabowo menyerahkan bantuan secara langsung kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo pada Senin (23/3/2020).

"Sejumlah paket bantuan dengan total nilai USD 433 ribu ini diangkut dengan pesawat TNI AU, Hercules C-130 yang berangkat Sabtu (21/3/2020) ke Tiongkok, dan mendarat kembali ke Jakarta pada hari ini," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam keterangan resmi BNPB pada Senin (24/3/2020).

Baca: Fraksi PPP Minta Gaji Anggota DPR Dipotong untuk Anggaran Penanganan Corona

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemhan Brigjen TNI Totok Sugiharto menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah RRT dan pihak swasta yang menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat Indonesia dalam melawan wabah Covid-19.

Baca: Cerita Tentang Sidang Skripsi Ditunda Setelah Pegawai Kampus Positif Terinfeksi Virus Corona

Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung operasi ini.

“Ini adalah humanitarian aid hasil kerja sama antara Kementerian Pertahanan RRT dengan Kementerian Pertahanan RI. Dimana sejumlah perusahaan asal Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia juga berpartisipasi dalam bantuan kemanusiaan ini,” kata Totok.

Baca: UPDATE Kasus Corona di Indonesia: Naik Jadi 579 Kasus, 49 Meninggal, 30 Sembuh

Selanjutnya, bantuan akan didistribusikan oleh gugus tugas kepada sejumlah rumah sakit yang dirujuk untuk penanganan Covid-19 antara lain RSPAD Gatot Subroto, RS Dr. Suyoto, RS Sulianti Saroso, RS Persahabatan dan RS Pertamina.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Gita Irawan
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas