Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pasien Covid-19 Masih Bertambah, Pemerintah: Kebiasaan Cuci Tangan Belum Maksimal

Menurutnya, hal itu disebabkan sejumlah hal, di antaranya kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir belum maksimal diterapkan

Pasien Covid-19 Masih Bertambah, Pemerintah: Kebiasaan Cuci Tangan Belum Maksimal
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga mencuci tangan di tempat cuci tangan gratis di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (23/3/2020). Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Pemprov DKI menyediakan tempat cuci tangan di beberapa tempat publik. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto menilai penularan virus corona atau covid-19 masih terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, hal itu disebabkan sejumlah hal, di antaranya kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir belum maksimal diterapkan oleh masyarakat.

Baca: Total Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Menjadi 1.155 Kasus, Berikut Rinciannya

Hal itu disampaikan Yurianto dalam konferensi Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB Jakarta Timur pada Sabtu (28/3/2020).

"Oleh karena itu kita masih memprihatinkan kondisi ini, karena terbukti penularan masih terjadi, bahwa kasus positif masih berada di tengah-tengah masyarakat, bahwa kontak dekat masih terjadi, bahwa kebiasan mencuci tangan dengan sabun masih belum dimaksimalkan," kata Yurianto.

Padahal menurut Yurianto, data menunjukan penularan yang paling banyak justru karena perantara tangan.

Sehingga menurutnya, mencuci tangan dengan sabun menjadi sangat penting.

"Maka tidak ada alasan bahwa harus dengan menggunakan hand sanitizer, tidak. Dengan sabun sudah sangat efektif pada air yang mengalir," kata Yurianto.

Oleh karena itu pemerintah berharap masyarakat dapat bekerjasama untuk mencegah penularan dengan berbagai upaya antara lain menjaga jarak kontak fisik dengan siapapun, bukan hanya di kantor di luar tetapi juga di rumah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Gita Irawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas