Tribun

Virus Corona

Polda Bengkulu Screening Pelancong yang Datang

Peninjauan wilayah perbatasan Bengkulu dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Choirul Arifin
Polda Bengkulu Screening Pelancong yang Datang
DOK.
Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman mengecek wilayah perbatasan Bengkulu dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19). 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, BENGKULU - Polda Bengkulu bersinergi bersama Jajaran Forkopimda Provinsi Bengkulu kompak melakukan peninjauan ke posko penanggulangan bencana di sejumlah wilayah perbatasan Provinsi Bengkulu.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman, melalui Kabid Humas Kombes Pol Sudarno menerangkan, peninjauan wilayah perbatasan Bengkulu dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Peninjauan pertama kali dilakukan di Kabupaten Kaur yang berbatasan dengan Provinsi Lampung.

Dalam peninjauan itu, kata Sudarno, Kapolda Bengkulu bersama Gubernur dan Forkopimda ingin memastikan bahwa setiap orang yang menuju Bengkulu, yang berasal dari luar Bengkulu, akan terdata dan juga melalui proses screening.

Baca: Hasil Tes, Mantan Presiden SBY Dinyatakan Negatif Covid-19

"Data orang tersebut akan diteruskan ke perangkat kecamatan dan desa di mana orang tersebut akan tinggal sehingga pergerakan orang dari luar Bengkulu akan terpantau," kata Sudarno kepada Tribun, Minggu (29/3/2020).

Baca: Bocoran Percakapan Menhan Prabowo dengan Ajudannya, Lockdown Opsi Terbaik!

"Hal ini sebagai cara untuk memutus rantai penularan Covid-19, agar status Bengkulu tetap menjadi zona hijau penyebaran," tambah Sudarno.

Baca: Di Kota Padang, Bule Dicegah Masuk Pasar Tradisional demi Waspadai Pandemi Corona

Posko penanggulangan Provinsi Bengkulu yang berada di setiap perbatasan Provinsi diisi oleh Tenaga Medis, TNI/POLRI, Satpol PP dan Organisasi Masyarakat (Ormas) lainnya.

Mereka sedianya selalu siap memberikan pelayanan dan pemeriksaan di gerbang yang menjadi pintu masuk dan keluar Provinsi Bengkulu.

Sejauh ini, lokasi perbatasan yang juga sudah ditinjau yakni Kabupaten Rejang Lebong dengan Daerah Lubuk Linggau Sumatera Selatan.

"Dan perbatasan Kabupaten Kepahiang dengan Daerah Lintang Provinsi Sumatera Selatan," katanya singkat.

Lebih lanjut, Sudarno mengungkapkan bahwa di setiap posko penanggulangan yang ada di perbatasan tidak hanya dilakukan pemeriksaan.

Tapi juga diberikan sejumlah keperluan medis dalam upaya menjaga keselamatan para petugas medis di posko penanggulangan yang berada di perbatasan.

"Selain itu, bersama Forkompinda Provinsi Bengkulu, kami juga membagikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah," ujarnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas