Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

PAN: Semua Sumber Keuangan yang Ada Harus Dimaksimalkan untuk Tangani Covid-19

Saleh Partaonan Daulay mengatakan sumber dana yang bisa dimanfaatkan antara lain adalah dana desa dan anggaran pelaksanaan pilkada

PAN: Semua Sumber Keuangan yang Ada Harus Dimaksimalkan untuk Tangani Covid-19
WARTA KOTA/WARTA KOTA/Nur Ichsan
KESIBUKAN DI WISMA ATLET- Ambulance hilir mudik memasuki Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta membawa pasien Covid-19, Kamis (26/3/2020). WARTA KOTA/Nur Ichsan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI mendorong agar pemerintah menggunakan semua potensi dan sumber keuangan yang ada dan tersedia untuk menangani pandemi corona (covid-19) di Indonesia.

Hal itu dalam rangka mencegah meluasnya pandemi corona di Tanah Air.

Wakil Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan sumber dana yang bisa dimanfaatkan antara lain adalah dana desa, anggaran pelaksanaan pilkada yang telah resmi ditunda, anggaran pemindahan ibukota, realokasi DAK, dan anggaran proyek-proyek infrastruktur.

Baca: Pasien Meninggal Masih Dapat Tularkan Corona? Berikut Penjelasan Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Baca: Mulai Hari Ini, Akses Rawa Bokor Tol Sedyatmo Ditutup Permanen

"Kalau anggaran-anggaran di atas disisir, nilainya sangat besar. Bantuan sosial, subsidi, dan jaminan sosial kemungkinan bisa diatasi. Itu yang perlu dihitung secara baik. Masyarakat tentu perlu juga mengetahuinya," kata Saleh kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Menurutnya dalam situasi saat ini, pemerintah perlu menaikkan Government Spending (Counter Cyclical) untuk membantu masyarakat, dunia usaha dan menjaga momentum pertumbuhan.

"Namun demikian, pelebaran defisit hingga mencapai 5,07 persen hendaklah sangat berhati-hati dan dipergunakan setelah semua potensi yang kita miliki dimanfaatkan secara baik dan benar. Menteri keuangan hendaknya dapat tetap menjaga kredibilitas dan sustainabilitas APBN," pungkasnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas