Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI AU Terapkan Protokol Kesehatan

HUT ke-74 TNI AU tahun ini digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat peringatan kali ini digelar di tengah pandemi covid-19.

Upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI AU Terapkan Protokol Kesehatan
THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA
Ilustrasi: pesawat Jet Temput milik TNI AU. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI AU tahun ini digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat peringatan kali ini digelar di tengah pandemi Covid-19.

Upacara peringatan HUT ke-74 TNI AU yang diselenggarakan secara sederhana tersebut digelar di Gedung Auditorium Denma Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/4/2020).

Upacara yang digelar di dalam ruangan dan dihadiri tidak lebih dari 50 personel tersebut berlangsung khidmat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti jarak antarindividu dan penggunaan masker.

Upacara tersebut diikuti personel yang berdinas di Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau) dengan mendengarkan melalui pengeras suara dari ruangan masing-masing.

Sementara untuk mereka yang berdinas di luar Mabesau menyaksikannya lewat siaran secara langsung oleh Dispenau melalui akun media sosial Facebook, Youtube channel TNI AU dan Radio Airmen FM 107,9.

Sebelumnya, sejumlah kegiatan telah direncanakan dalam kegiatan HUT Ke-74 TNI AU antara lain seminar nasional, Kasau Award, ceramah potensi dirgantara, lomba pidato bahasa Inggris, pemilihan prajurit teladan, festival band antar satuan, pesta rakyat, olahraga bersama, donor darah, bakti sosial, ziarah, dan parade upacara dengan pertunjukan kekuatan udara.

Namun, sejak wabah virus Covid-19 dinyatakan pemerintah sebagai bencana nasional non-alam, kegiatan yang dapat terlaksana hanya festival band antar satuan, ceramah potensi dirgantara, bakti sosial berupa pemberian sembako.

Selain itu, ada pula pemberian disinfektan dan alat pelindung diri (APD) ke beberapa panti asuhan, pemberian masker kepada masyarakat serta pendistribusian APD ke seluruh Indonesia dan puncaknya dilaksanakan upacara di dalam ruangan.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam sambutannya mengungkapkan duka cita mendalam atas nama keluarga besar Angkatan Udara kepada keluarga besar TNI Angkatan Udara dan seluruh rakyat Indonesia yang ikut terdampak atau menjadi korban pandemi Covid-19.

"Saya yakin, Tuhan akan segera mengembalikan senyum dan kebahagiaan bangsa Indonesia. Saya pun ingin meneguhkan, TNI Angkatan Udara akan terus berjuang di garis depan dan mendarmabaktikan seluruh sumber daya untuk membantu rakyat," kata Yuyu dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Udara pada Kamis (9/4/2020).

Selain itu, Yuyu juga meminta kepada seluruh prajurit Angkatan Udara untuk tetap menjaga nyala semangat “Swa Bhuwana Paksa”.

"Agar pembangunan kekuatan udara unggul dapat berjalan beriringan dengan pembangunan bangsa dan negara," kata Yuyu.

Tampak hadir pada puncak peringatan tersebut, Wakasau, perwakilan Asisten Kasau, perwakilan Kepala Dinas, perwakilan perwira, bintara, tamtama, dan PNS di jajaran Mabesau.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas