Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kominfo Temukan Hoaks Bansos, Kemensos Siapkan Layanan Pengaduannya

Pengaduan dapat dilakukan dengan menghubungi nomor aduan Bansos Covid-IB di nomor 0811-10-222-10.

Kominfo Temukan Hoaks Bansos, Kemensos Siapkan Layanan Pengaduannya
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ketua RT 6 Pademangan Barat, Sukirno (kiri) memberikan langsung paket bantuan sosial (bansos) kepada warga Pademangan Barat, Jakarta Utara, Rabu (15/4/2020). Bantuan sosial yang berisi sembako dan sejumlah kebutuhan lainnya diterima warga miskin yang terdampak wabah virus corona (Covid-19). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak Kamis (9/4/2020) mulai menyalurkan bantuan sosial kepada 1,2 juta warga yang tercatat sebagai keluarga miskin dan rentan miskin yang bermukim di Jakarta. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mafani Fidesya Hutauruk

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memberikan laporan adanya berita bohong (hoaks) pada Minggu, (26/04/2020), di Jakarta.

Berita hoaks tersebut berisi pesan berantai di aplikasi chatting WhatsApp terkait dengan bantuan sosial yang didistribusikan oleh kementerian sosial.

Pesan tersebut menyatakan Menteri Sosial JuIiari peter Batubara menyediakan nomor hotline pengaduan Bantuan Sosial Kementerian Sosial untuk masyarakat Indonesia tidak mampu makan akibat terdampak virus Covid-19.

Pengaduan dapat dilakukan dengan menghubungi nomor aduan Bansos Covid-IB di nomor 0811-10-222-10.

Baca: Cerita Perjalanan Spiritual Teuku Wisnu Mempelajari Al Quran

Kemudian dilanjutkan dengan menuliskan formal data nama Iengkap, NIK dan alamat lengkap. Namun berita hoaks tersebut segera ditanggapi oleh Kepala Biro Humas Kementerian Sosial RI, Wiwit Widiansyah. 

Baca: Iko Uwais Siap-siap Main Film Lagi di Hollywood

Dirinya menegaskan masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan dan permasalahan yang ditemukan selama penyaluran bantuan sosial bisa menghubungi alamat email: bansoscovid19@kemsos.go.id.

Kemudian, ia melanjutkan masyarakat juga dapat menyampaikan pesan tertulis pada nomor: 0811-10-222-10. "Saluran ini tidak melayani pendaftaran penerima bansos tetapi pengaduan bansos Kementerian Sosial," ujar Wiwit Widiansyah.

Masyarakat dapat mengadu perihal bansos yang salah sasaran, penyelewengan, dan pungutan liar. Jika ada bantuan sosial yang tidak sesuai komponennya atau sebagainya juga dapat diadukan melalui nomor telepon itu.

Penulis: Mafani Fidesya Hutauruk
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas