Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Syarat UMKM Dapat Keringanan Angsuran Pinjaman dari Bank karena Corona, Track Record Baik

Pemerintah memberikan keringanan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang usahanya terdampak virus Corona atau Covid-19.

Syarat UMKM Dapat Keringanan Angsuran Pinjaman dari Bank karena Corona, Track Record Baik
Kompas.com/Totok Wijayanto
ILUSTRASI - Syarat UMKM dapat keringanan angsuran pinjaman dari bank karena Corona. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah memberikan keringanan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang usahanya terdampak virus Corona atau Covid-19

Keringanan yang diberikan pemerintah itu berupa pemberian subsidi pembayaran bunga pinjaman hingga penundaan angsuran. 

Dikutip dari website Sekretariat Kabinet, keringanan-keringanan itu sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Keringanan-keringanan itu antara lain:

Pertama, untuk yang kredit UMKM yang ada di BPR, perbankan, dan perusahaan pembiayaan.

Dalam kredit ini termasuk kredit motor roda dua. 

“Yang di BPR itu tercatat 1,62 juta debitur, yang di perbankan itu 20,02 juta debitur, dan di perusahaan pembiayaan ini termasuk mereka yang membeli kredit motor roda 2 itu ada 6,76 juta debitur,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, saat memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Rabu (29/4/2020).

Baca: Cara Dapat Diskon Listrik untuk Pengguna 900 & 1300 VA Nonsubsidi dari YCAB, Pendaftaran Mulai 1 Mei

Jadi untuk para peminjam mikro kecil ini yang kreditnya di bawah Rp500 juta, Sri Mulyani sampaikan mereka pinjam di BPR atau perbankan dan perusahaan pembiayaan yang pinjamannya di bawah Rp500 juta ini setara dengan KUR, itu jumlahnya sekitar 28,3 rekening atau nasabah.

“Mereka mendapatkan fasilitas 3 bulan pertama bunganya dibayarkan oleh pemerintah sebesar 6% dan 3 bulan selanjutnya bunga yang ditanggung pemerintah 3%,” ujar dia. 

Laras pekerja warung kopi kekinian sedang membuat kopi pesanan pelanggan ditempatnya bekerja di daerah Cikini, Jakarta, Jumat (17/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19 pekerja dan pengusaha usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus bertahan dengan terus membuka usahanya meskipun penghasilan yang didapat menurun lebih dari 50 persen. Pemerintah sendiri sudah menyiapkan dua skema pemberian stimulus bagi UMKM yang terdampak Covid-19, yakni melalui mekanisme moneter dan bantuan sosial (bansos). TRIBUNNEWS/HERUDIN
Laras pekerja warung kopi kekinian sedang membuat kopi pesanan pelanggan ditempatnya bekerja di daerah Cikini, Jakarta, Jumat (17/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19 pekerja dan pengusaha usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus bertahan dengan terus membuka usahanya meskipun penghasilan yang didapat menurun lebih dari 50 persen.  (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Jadi, dalam kebijakan ini, lanjut Sri Mulyani, Pemerintah memberi subsidi bunga selama 6 bulan yaitu 3 bulan pertama 6% sebagian dari bunga yang ditanggung pemerintah dan untuk 3 bulan selanjutnya 3%.

Halaman
123
Penulis: Daryono
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas