Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemudik di Perbatasan Jabar-Jateng Terseleksi Ketat

Istiono memastikan tidak ada pemudik yang lolos dari penjagaan dan penyekatan oleh anggota Polri selama Operasi Ketupat 2020 sejak 24 April 2020.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pemudik di Perbatasan Jabar-Jateng Terseleksi Ketat
dok. Korlantas
Kakorlantas Polri Irjen Istiono memantauan pos pengamanan check point di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Jumlah pemudik yang melintas di Semarang menurun drastis mencapai 50 persen, karena sudah terjaring petugas di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. (Korlantas). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - ‎Kakorlantas Polri Irjen Istiono memastikan tidak ada pemudik yang lolos dari penjagaan dan penyekatan oleh anggota Polri selama Operasi Ketupat 2020 sejak 24 April 2020.

Pihaknya menjelaskan kalaupun ada pemudik baik roda dua maupun roda empat yang lolos di jalur Bekasi hingga ke Karawang dan Cikampek. Maka mereka akan berhadapan dengan polisi di perbatasan Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng).

"‎Kalau dari Jakarta lolos, nanti menuju perbatasan Jabar dan Jateng akan terseleksi. Seperti di Pejagan, ini baik di jalan tol maupun arteri terseleksi dengan ketat," tegas Istiono dalam keterangannya usai memantau pos pengamanan check point di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (2/5/2020).

Baca: Apa Alasan Arab Saudi Putuskan Longgarkan Lockdown?

Baca: Peneliti Inggris Sebut Virus Corona Lebih Berbahaya Jika Menyerang Pria dan Penderita Obesitas

Jenderal bintang dua ini menjelaskan di Tol Pejagan, kendaraan pribadi, travel, minibus, dan lainnya bakal diperiksa satu per satu. Sementara kendaraan pengangkut logistik bisa bebas melintas.

"Di Pejagan kendaraan dipilah, jadi benar-benar ketawan mana yang mudik mana yang tidak. Kalau kedapatan mudik, bisa diputar balikkan via tol maupun arteri," ungkapnya.

Tidak hanya seleksi ketat di Tol Pejagan, jalur arteri juga tidak luput menjaring pemudik sepeda motor. Menurutnya di titik perbatasan itulah, banyak sepeda motor yang diminta putar balik karena terindikasi mudik.

BERITA REKOMENDASI

"Pemudik motor paling banyak kena di pos penjagaan Pejagan jalur arteri. Langsung kami putar balikkan. Karena sudah terseleksi ketat di Pejagan jadi volume di Semarang sangat berkurang," tambah Istiono.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas