Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bulan Bung Karno

Pandemi Covid-19, PDIP Gelar Kegiatan Bulan Bung Karno Secara Daring

PDI Perjuangan (PDIP) menyebut kegiatan peringatan Bulan Bung Karno pada Juni 2020 dilaksanakan secara daring seiring adanya pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19, PDIP Gelar Kegiatan Bulan Bung Karno Secara Daring
Lusius Genik/Tribunnews.com
Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) menyebut kegiatan peringatan Bulan Bung Karno pada Juni 2020 dilaksanakan secara daring seiring adanya pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, peringatan Bulan Bung Karno telah dilakukan sejak 2010 dan khusus tahun ini kegiatannya dilakukan secara daring, seperti teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media.

"Adapun temanya, Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19," kata Hasto dalam konferensi pers secara virtual, Jakarta, Rabu (27/5/2020).

Baca: 19 Perwira Tinggi TNI AL Dimutasi, Laksda TNI I Nyoman Gede Ariawan Jabat Pangkogabwilhan I

Menurut Hasto, tema ini mengangkat benang merah sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang di dalam setiap momentum penting, selalu hadir sosok Bung Karno.

Dimulai dengan menjadi anggota aktif Trikoro Darmo, yang kemudian menjadi Jong Java, pendirian Perserikatan Nasional Indonesia yang kemudian berubah nama menjadi Partai Nasional Indonesia pada tanggal 4 Juli 1927, dan lainnya.

Hasto mengatakan, peringatan Bulan Bung Karno di tengah Covid-19 ditujukan untuk menggelorakan semangat berdiri di atas kaki sendiri.

"Dari pandemi ini bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan," tutur Hasto.

Baca: Polri: 140 Narapidana Asimilasi Kembali Ditangkap

Kegiatan Bulan Bung Karno diawali dengan peringatan hari lahirnya Pancasila, 1 Juni 1945.

Mengingat Hari Lahirnya Pancasila diperingati secara nasional, dan diliburkan, maka Partai menyatukan diri dengan Pemerintah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dan seluruh masyarakat Indonesia.

Baca: FAKTA Guru Cabuli Murid Selama 4 Tahun: Berawal dari Facebook, Korban Diduga Lebih dari 1

Adapun, kegiatan selama Bulan Bung Karno mencakup lomba pidato, lomba cipta lagu, lomba pembuatan video, gelar Museum Bung Karno secara virtual, bakti social, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan.

"Kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal," ujar Hasto.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas