Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ma'ruf: Pelayanan Publik yang Optimal Cermin Keberhasilan Reformasi Birokrasi

Reformasi birokrasi akan sangat menentukan keberhasilan pelayanan publik, apakah tercapai atau tidak.

Ma'ruf: Pelayanan Publik yang Optimal Cermin Keberhasilan Reformasi Birokrasi
Dokumentasi Setwapres
Wapres Maruf Amin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai reformasi birokrasi keberhasilan reformasi birokrasi tercermin dari kepuasan masyarakat atas pelayanan publik yang semakin baik.

"Reformasi birokrasi akan sangat menentukan keberhasilan pelayanan publik, apakah tercapai atau tidak. Itu sangat tergantung pada upaya kita melakukan reformasi birokrasi," kata Ma’ruf Amin ketika menerima Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional (TIRBN) Periode 2020-2024 melalui teleconference dalam keterangan yang diterima dari Setwapres, ditulis Jumat (29/05/2020).

Ma'ruf pun mendorong upaya perbaikan dalam mereformasi birokrasi, agar publik dapat merasakan pelayanan optimal di Indonesia.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses tersebut dikatakan Ma'ruf, adalah dengan menetapkan prioritas dan mempelajari proses reformasi birokrasi dari negara lain yang nantinya dapat diadopsi dan disesuaikan dengan keadaan Indonesia.

Baca: Dipersoalkan Jadi Kontributor Majalah Playboy, Iman Brotoseno: Setiap Orang Punya Masa Lalu

“Karena itu, mana yang harus kita mulai, dari mana. Kemudian juga mana yang harus didahulukan, mana yang harus dibelakangkan,” tutur Wapres.

“Nah, kita ingin mencoba mencari contoh negara lain yang sudah berhasil. Ada yang mengatakan Korea Selatan itu berhasil. Nah seperti apa? Dan bagaimana kemungkinan kita Indonesia menerapkan pola-pola itu,” tambahnya.

Diharapkan dalam hasil pertemuan tersebut, dapat membawa manfaat bagi negara pada umumnya dan seluruh masyarakat Indonesia pada khususnya.

“Tapi mudah-mudahan walaupun tidak bertemu secara fisik, tetapi pertemuannya tetap membawa manfaat untuk bagaimana melakukan upaya-upaya, perbaikan-perbaikan dalam rangka mereformasi birokrasi,” tutup Wapres.

Baca: Kerangka Misterius Ditemukan Bersama 4 Koin Kuno di Bogor, Arkeolog Turun Tangan Lakukan Penelitian

Di saat yang bersamaan, Ketua TIRBN Eko Prasodjo mengungkapkan bahwa reformasi briokrasi yang digulirkan saat ini memiliki target untuk membangun birokrasi kelas dunia.

“Sesuai dengan Perpres [Peraturan Presiden] Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Desain Reformasi Birokrasi, target kita sampai dengan tahun 2025 adalah membangun birokrasi kelas dunia. Kita sedang mempersiapkan birokrasi Indonesia menyongsong berbagai perubahan dengan memiliki standar kelas dunia,” paparnya.

Eko memprediksi pada masa mendatang masyarakat akan lebih menginginkan pelayanan publik yang baik, cepat, transparan dan akuntabel seiring dengan kemajuan teknologi informasi.

“Terjadinya perubahan di semua sektor kehidupan, menguatnya artifcial intelegence, big data dan pelayanan online akan menjadi corak penyelenggaraan pemerintahan di masa datang. Termasuk pengambilan keputusan yang lebih cepat dengan menggunakan data yang lebih valid,” terangnya.

Terkait transformasi, Eko memandang terdapat empat faktor utama yang menjadi prioritas reformasi birokrasi saat ini yang dapat dilakukan, utamanya dalam menjawab tantangan perubahan zaman.

“Keempatnya transformasi budaya, transformasi struktural,  transformasi digital, dan  reformasi regulasi melalui deregulasi serta re-regulasi,” pungkas Eko.

Patut diketahui, TIRBN adalah tim yang bertugas untuk memberikan saran pemecahan masalah dalam pelaksanaan program reformasi birokrasi nasional kepada Tim Reformasi Birokrasi Nasional. TIRBN dibentuk dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 tentang Tim Independen Reformasi Birokrasi Nasional Periode Tahun 2020-2024.

Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas