Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbud: Sekolah di Zona Hijau Tidak Otomatis Dibuka

Dirinya mengatakan sekolah di zona hijau tidak otomatis dibuka. Kemendikbud mengedepankan protokol kesehatan dalam pembukaan sekolah.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kemendikbud: Sekolah di Zona Hijau Tidak Otomatis Dibuka
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
PERSIAPAN SEKOLAH HADAPI NEW NORMAL - Kepala Sekolah SMP Islam PAPB Semarang Drs. H Ramelan sedang melakukan pengecekan kesiapan sekolah untuk mempersiapkan kegiatan belajar mengajar 2020/2021 yang rencananya akan dimulai pada bulan Juli 2020 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Biro Kerja sama dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Evy Mulyani memastikan keselamatan guru, siswa, dan orang tua adalah prioritas.

Dirinya mengatakan sekolah di zona hijau tidak otomatis dibuka. Kemendikbud mengedepankan protokol kesehatan dalam pembukaan sekolah.

"Tentunya yang menjadi prioritas kami adalah kesehatan dan keselamatan warga sekolah sehingga pembukaan kembali sekolah di wilayah zona hijau tidak serta merta dibuka, tetapi akan dilakukan dengan sangat hati-hati, dan tetap mengikuti protokol kesehatan," ujar Evy melalui keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Baca: Kemendikbud Sediakan Ratusan Materi Pengayaan Belajar dari Rumah

Pembukaan kembali sekolah khususnya di wilayah zona hijau, akan dibahas Kemendikbud bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Sementara protokol kesehatan di bidang pendidikan akan dibahas bersama Kementerian Kesehatan.

Baca: Penerimaan STMKG Tertunda Covid-19, Berikut 6 Sekolah Kedinasan yang Tetap Buka Pendaftaran

Evy mengatakan terdapat beberapa kriteria untuk sekolah dalam menerapkan kembali pembelajaran tatap muka. Bagi sekolah yang belum memenuhi kriteria tersebut disarankan untuk tetap menerapkan pembelajaran jarak jauh.

"Sekolah yang berada di zona hijau tidak langsung bisa dibuka secara otomatis, tetapi melalui prosedur izin syarat yang ketat," ucap Evy.

BERITA REKOMENDASI

"Misalnya sebuah sekolah berada di zona hijau, tetapi berdasarkan penilaian keseluruhan prosedur dan syarat, ternyata tidak layak untuk dibuka kembali. Tentu ini harus tetap menjalankan pendidikan jarak jauh," jelas Evy.

Kemendikbud telah menetapkan Tahun Ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada pertengahan Juli 2020. Evy menegaskan bahwa dimulainya tahun ajaran baru tidak sama dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah.

"Seringkali kita masih temukan kerancuan terkait tahun ajaran baru masih disamakan dengan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah," pungkas Evy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas