Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bulan Bung Karno

Bung Karno Ingatkan Kreasi Budaya Adalah Sumber Utama Penguatan Jiwa

kebudayaan bisa menjadi sumber penguatan jiwa dan pengayaan wawasan, dalam membangun sebuah proses nasionalisme serta pengembangan karakter.

Bung Karno Ingatkan Kreasi Budaya Adalah Sumber Utama Penguatan Jiwa
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengimbau semua pihak untuk menjaga dan memahami semua kebudayaan yang ada di Indonesia.

"Bung Karno mengingatkan kita semua, kreasi budaya yang terbentuk kesenian jangan dianggap sebagai hiburan semata, tapi sesungguhnya adalah sumber utama dari kerja penguatan jiwa," kata Djarot dalam webinar Bulan Bung Karno yang mengangkat tema "Rakyat Sumber Kebudayaan Nasional", Selasa (16/6/2020).

Menurut Djarot, kebudayaan bisa menjadi sumber penguatan jiwa dan pengayaan wawasan, dalam membangun sebuah proses nasionalisme serta pengembangan karakter.

"Jadi kita mempunyai kebudayaan yang kuat, itu artinya kita membangun jiwa bangsa Indonesia. Kita juga membangun persatuan di antara kita semua," papar Djarot.

Baca: Legislator PDIP Minta Pemerintah Daerah Tak Asal Terapkan New Normal

Djarot menyebut, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat 1.340 suku di Indonesia dan 742 bahasa daerah.

"Budaya kita sangat luar biasa. Kita juga mempunyai 7.241 karya budaya dengan bentuk macam-macam, bisa berbentuk tarian, lagu, musik, patung, sastra, pakaian adat dan kuliner daerah," paparnya.

Beraneka ragamnya budaya Indonesia, kata Djarot, masyarakat harus bangga dan bagi Bung Karno, budaya sudah menjadi napasnya.

"Sejak di dalam menuju kemerdekaan, sampai dengan duduk sebagai Presiden Republik Indonesia, Bung Karno ini tidak hanya sebagai penikmat seni budaya, tetapi beliau juga sebagai mentor," papar Djarot.

"Sebagai pencipta dari berbagai macam buah pikirannya menjadi landmark atau menjadi peninggalan beliau. Mulai dari seni rupa, beliau bisa menggambar, teater, beliau adalah penulis drama, lukisan, lagu hingga tarian," sambungnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas