Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemenag Tetap Bagikan Buku Manasik Haji Meski Menteri Agama Batalkan Keberangkatan Jemaah Tahun Ini

Pembagian buku manasik haji ini didistribusikan melalui Kantor Kemenag kabupaten dan kota.

Kemenag Tetap Bagikan Buku Manasik Haji Meski Menteri Agama Batalkan Keberangkatan Jemaah Tahun Ini
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Siswa SD dan SMP Lembaga Pendidikan Al Falah mengikuti kegiatan manasik haji di Masjid Nasional Al Akbar, Surabaya, Kamis (8/8). Kegiatan yang diikuti lebih dari 1000 siswa untuk mengenalkan nilai-nilai rukun Islam ke lima kepada anak-anak. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama membagikan buku manasik haji untuk jemaah haji yang bakal diberangkatkan tahun depan.

Pembagian buku manasik haji ini didistribusikan melalui Kantor Kemenag kabupaten dan kota. Jemaah haji bisa mengambilnya di Kantor Kemenag Kabupaten atau Kota terdekat.

“Jemaah bisa meminta buku manasik hajinya di Kantor Kemenag Kabupaten atau Kota. terdekat. Keberadaan buku tersebut diharapkan akan semakin memperkuat proses manasik online yang sudah berlangsung selama pandemi,” ujar Direktur Bina Haji Khoirizi melalui keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Khoirizi mengatakan buku manasik haji ini dapat dimanfaatkan oleh jemaah haji yang tidak terbiasa dengan sistem daring (online).

Baca: Ditolak MUI, Mahfud MD Pasang Badan Jika Ada yang Ganti Pancasila dengan Komunis di RUU HIP

"Buku manasik juga akan memudahkan jemaah dalam mendalami pengetahuan tentang ibadah haji, utamanya bagi mereka yang belum terbiasa dengan sistem manasik online," tutur Khoirizi.

Baca: Karyawannya di Bagian Dapur Ini Diduga Dipakai Ruben Onsu untuk Dapatkan Resep Ayam Geprek Sujono

Menurut Khoirizi, seiring kebijakan pembatalan keberangkatan, jemaah tahun ini punya waktu yang cukup banyak untuk mempelajari manasik haji hingga pemberangkatan tahun depan.

Jemaah diharapkan akan mempunyai bekal manasik ibadah yang lebih mapan setelah membaca buku tersebut.

Baca: Kronologi dan Fakta Terbaru Pria di Lamongan Setubuhi Ibu Muda Tetangganya Sendiri di Ladang Jagung

“Waktu yang ada agar dimanfaatkan jemaah untuk mempelajari manasik, baik online maupun offline melalui buku, secara seksama sehingga sudah punya bekal manasik ibadah yang mapan saat akan berangkat haji tahun depan,” ujar Khoirizi.

Selama pandemi Covid-19, Kemenag telah menyiarkan video manasik yang bisa diakses melalui youtube Kemenag RI.

Sebanyak 20 seri video manasik haji telah diunggah dan bisa disaksikan oleh jemaah secara online. Selain itu, ada juga video yang berupa tanya jawab dan pengajian seputar manasik haji.

“Distribusi buku manasik ini diharapkan akan memudahkan jemaah dalam mempelajarinya, sekaligus juga memperkuat proses manasik online yang telah berlangsung," pungkas Khoirizi.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Agama akhirnya memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji dari Indonesia pada tahun ini.

Kementerian Agama membatalkan pemberangkatan haji pada tahun ini melalui Keputusan Menteri Agama No 494 tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441H/2020M.

Keputusan ini diambil setelah pemerintah Arab Saudi tidak juga membuka akses kepada negara manapun untuk menyelenggarakan ibadah haji. Pemerintah Arab Saudi masih menutup akses untuk haji dan umroh akibat pandemi corona.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas