Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kebakaran Hutan dan Lahan

Mahfud: Pemerintah Berhasil Kurangi Karhutla

Mahfud MD mengatakan bahwa pemerintah telah berhasil meminimalisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Mahfud: Pemerintah Berhasil Kurangi Karhutla
Tribun Pekanbaru/Theo Rizky
Kebakaran lahan terjadi di Jalan Nelayan, Kelurahan Sri Meranti , Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Rabu (26/2/2020). Berdasarkan informasi dari BMKG Pekanbaru, pada Bulan Februari 2020 ini, wilayah Provinsi Riau akan memasuki musim kemarau pertama ditahun 2020, sehingga potensi kebakaran hutan dan lahan cukup tinggi. (TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY) 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa pemerintah telah berhasil meminimalisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal itu disampaikan Mahfud usai mengkuti rapat terbatas antisipasi kebakaran hutan di Istana Merdeka, Selasa, (23/6/2020).

"Beberapa tahun terakhir alhamdulillah kita berhasil meminimalisir Karhutla sehingga bencana-bencana yang agak besar dan membikin geger sudah dapat dikatakan tidak lagi terjadi," kata Mahfud.

Baca: Bawaslu: Pandemi Covid-19 Akibatkan Kerawanan Pilkada 2020 Meningkat

Menurutnya protes dari aktivis lingkungan hidup baik di dalam negeri maupun luar negeri dalam 4-5 tahun terakhir tidak terlalu gencar.

Hal itu karena pemerintah menyusun sejumlah langkah antisipasi dan mitigasi Karhutla

Meskipun demikian menurut Mahfud, pada 2020 ini, antisipasi serta mitigasi tersebut harus diperkuat. Karena selain harus menyelesaikan masalah Karhutla, pemerintah juga harus menanggulangi Pandemi Covid-19. 

"Sehingga kita menyiapkan langkah-langkah bersama untuk menghadapi musim kemarau ang biasa berpindah-pindah dari pulau ke pulau tergantung bulannya dan lokasinya," pungkasnya.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas