Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Indonesia Soroti Vaksin Corona Hingga Kejahatan Lintas Negara Dalam Pertemuan Menlu ASEAN-Australia

Retno Marsudi hadir dalam pertemuan Menlu ASEAN-Australia atau foreign minister meeting on Covid-19 yang dilakukan melalui video conference.

Indonesia Soroti Vaksin Corona Hingga Kejahatan Lintas Negara Dalam Pertemuan Menlu ASEAN-Australia
Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu RI), Retno Marsudi hadir dalam pertemuan Menlu ASEAN-Australia atau foreign minister meeting on Covid-19 yang dilakukan melalui video conference, Selasa (30/6/2020).

Dalam pertemuan tersebut Menlu mewakili Indonesia menyampaikan tiga hal, diantaranya terkait kerja sama vaksin, penguatan kerja sama kawasan, serta kerja sama di dalam penanganan kejahatan lintas negara.

Menlu mengatakan Indonesia merupakan satu co-sponsor untuk resolusi Covid-19 yang diadopsi pada world health assembly ke 73 di Jenewa pada Mei 2020 lalu.

Satu alasan mengapa Indonesia menjadi co-sponsor resolusi tersebut karena adanya paragraf tentang obat dan vaksin yang menyerukan dilakukannya pengembangan, pengujian, dan produksi massal obat dan vaksin Covid-19 yang aman, efektif, dan terjangkau.

Baca: WNI Terpapar Covid-19 di Luar Negeri Capai 1.115 Orang

Serta diberikannya akses yang tepat waktu, setara, dan terjangkau terhadap obat dan vaksin serta penerapannya fleksibilitas terkait hak paten.

“Adopsi resolusi ini tidak lepas dari kontribusi aktif Australia,” kata Retno dalam konferensi pers daring, Selasa (30/6/2020).

Indonesia juga mendorong Australia untuk memperkuat kerja sama kawasan.

ASEAN dan Australia telah memiliki berbagai macam kendaraan kerja sama regional yang dapat dioptimalkan terutama untuk penanganan Covid-19.

Baca: Kemendikbud Dukung Guru Lakukan Inovasi Metode Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19

“Dibidang ekonomi terutama saya menyampaikan terdapat 2 kendaraan yang dapat dipakai yaitu melalui ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Area dan regional ekonomi comprehensive partnership atau ARCEP,” ujar Retno

Halaman
123
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas