Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemendikbud Pastikan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Sesuai Protokol Kesehatan

Nizam memastikan keselamatan seluruh pihak dalam pelaksanaan UTBK merupakan prioritas utama.

Kemendikbud Pastikan Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Sesuai Protokol Kesehatan
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Panitia dan peserta menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dalam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Intitut Teknologi Bandung (ITB) 2020, di SMAN 5, Jalan Belitung, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). Ujian masuk perguruan tinggi negeri ITB di saat pandemi Covid-19 ini, setiap peserta wajib mengenakan masker medis, masuk ke tempat ujian diperiksa suhu tubuh dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer, masuk ke ruang ujian jaga jarak aman (physical distancing) dan harus membersihkan tangan dengan hand sanitizer, serta jarak tempat duduk peserta di ruang ujian diatur lebih renggang. Sementara setiap panitia mengenakan masker medis, face shield (pelindung wajah), dan sarung tangan. Pelaksanaan UTBK SBMPTN ITB gelombang pertama pada 5-14 Juli 2020 dan dilanjut gelombang kedua pada 20-29 Juli 2020. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam memastikan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada SBMPTN 2020 sesuai dengan protokol kesehatan.

Menurut Nizam pelaksanaan UTBK pada hari pertama yang berlangsung Senin (6/7/2020) kemarin, penyelenggara telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pelaksanaan UTBK hari pertama hingga saat ini berjalan lancar. Kami sangat mengapresiasi kerja sama panitia maupun peserta di dalam mematuhi protokol kesehatan saat tes UTBK-SBMPTN 2020," ujar Nizam melalui keterangan tertulis, Selasa (7/7/2020).

Baca: Contoh Soal UTBK-SBMPTN 2020 Resmi dari LTMPT, Dilengkapi Kunci Jawaban

Baca: Contoh Soal UTBK-SBMPTN 2020, Materi TPS tentang Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Menurut Nizam, penerapan protokol kesehatan dilakukan oleh seluruh panitia di setiap daerah agar keselamatan dan kesehatan peserta tetap terjaga.

Nizam memastikan keselamatan seluruh pihak dalam pelaksanaan UTBK merupakan prioritas utama.

"Setiap pusat panitia pelaksana UTBK di setiap daerah juga telah berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 agar tes dapat berjalan lancar dan protokol kesehatan tetap terjaga," kata Nizam.

Meski berada di tengah pandemi, Nizam mengatakan kehadiran para peserta UTBK, dimana di hari pertama mencapai kurang lebih 95 persen peserta.

Pada tahun sebelumnya, tingkat kehadiran hanya mencapai 85-86 persen.

"Artinya minat peserta memang luar biasa, karenanya protokol kesehatan juga penting untuk dijaga. Selain itu, ini merupakan peserta di gelombang pertama saja, gelombang kedua SBMPTN nanti juga tidak ada sama sekali pembedaan antara gelombang pertama dengan gelombang kedua, hanya gilirannya saja dan soalnya pasti berbeda, LTMPT sudah mengatur dengan baik," pungkas Nizam.

Pada pelaksanaan UTBK kali ini, penyelenggara mewajibkan peserta mencuci tangan sebelum masuk ruangan, pengukuran suhu, penggunaan masker peserta, jarak peserta pada saat ujian dan lainnya yang menjadi syarat minimal protokol kesehatan dijalankan.

Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas