Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pengelolaan Partai Dikritik Karena Masih Memakai Sistem Tradisional

Seharusnya partai mempunyai aturan, agar tidak terlalu lama seseorang menjabat ketua partaisehingga regenerasi di tubuh partai bisa berjalan

Pengelolaan Partai Dikritik Karena Masih Memakai Sistem Tradisional
TRIBUNNEWS/THERESIA FELISIANI
Rahmat Effendi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanudin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Bekasi, muncul wacana Ketua DPD Golkar Kota Bekasi yang juga Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi akan didapuk kembali sebagai Ketua DPD Golkar Kota Bekasi untuk periode 2020-2024.

Wacana dicalonkannya kembali Rahmat Effendi itu menurut pengamat politik dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Adji Alfarabi menunjukkan cara pengelolaan partai di Indonesia umumnya yang masih tradisional.

"Masih bersandar pada kekuatan personal tokoh dan belum ada iuran anggota untuk pembiayaan partai," katanya, Selasa (7/7/2020).

Kondisi demikian, menurut dia membuat ketua partai dipilih dari mereka yang punya kekuatan politik (yang sedang berkuasa) dan punya kekuatan finansial.

"Dalam kerangka menuju partai modern, model seperti ini akan memperlambat proses regenerasi di partai politik, dan terjadi personifikasi partai politik," katanya.

Baca: Taksi Online Dibegal di Bekasi, Sopir Bersimbah Darah Kena Bacok, Akhirnya Tewas

Baca: Pembelajaran Jarak Jauh Permanen, Politikus Golkar Minta PJJ Dikombinasikan dengan Tatap Muka

Selain itu Adji juga menambahkan bahwa seharusnya partai mempunyai aturan, agar tidak terlalu lama seseorang menjabat ketua partai. Sehingga regenerasi di tubuh partai bisa berjalan.

"Maksimal dua periode sudah cukup," pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah kader muda dan sayap pendiri Partai Golkar mengadakan kegiatan deklarasi dukungan terhadap Rahmat Effendi untuk kembali memimpin DPD Partai Golkar Kota Bekasi.

Hadir dalam acara tersebut, Generasi Muda (GEMA) MKGR Kota Bekasi, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kota Bekasi dan sejumlah kader muda lainnya.

Inisiator kegiatan deklarasi, Tarsono Iday mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan dukungan kepada Rahmat Effendi kembali menjadi Ketua DPD Partai Golkar Kota Bekasi.

Ikuti kami di
Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas